Dua Korban Hilang Longsor di Bantul Ditemukan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-times.png?v=5.89
Rabu, 20 Maret 2019 | 22:11 WIB

Dua Korban Hilang Longsor di Bantul Ditemukan

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2019/03/20/5c9257ce9695f-dua-korban-hilang-longsor-di-bantul-ditemukan_663_382.jpg
Photo :
  • timesindonesia

Tim pencari korban longsor tengah bekerja. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

Korban longsor di Dusun Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul DIY akhirnya ditemukan Rabu sore (20/3/2019). Dua korban tersebut adalah Ruffi Kusuma Putri, 9 tahun dan Eko Supratmi, 45 tahun.

Dengan ditemukan dua korban tersebut maka total korban meninggal 5 orang akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah Kabupaten Bantul dan sekitarnya.

Tiga korban lainnya adalah Painem, 70, warga Numpukan Desa Karangtengah, Imogiri, Bantul; Siswosudarsono, 56, warga Dusun Nogosari Desa Selopamioro, Imogiri; dan Sudiatmojo, 80 tahun, warga Kedungbuweng Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, korban Rufi berhasil dievakuasi dari timbunan tanah sekitar pukul 15.30 WIB dan korban kedua ditemukan sekitar pukul 15.50 WIB. Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Korban langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk diotopsi,” kata Dwi.

Ketika ditemukan tubuh korban sudah dalam keadaan membiru. Kedua korban ditemukan di dalam rumah yang tertimpa material longsoran.

Sulitnya pencarian korban karena keduanya tertimbun cukup dalam yaitu 4-5 meter. Tanah longsoran yang menimbun keduanya cukup dalam karena material terus turun sejak Senin (18/3/2019).

Setelah korban ditemukan, untuk sementara proses evakuasi dihentikan. Namun esok hari proses pembersihan puing-puing longsoran akan terus dilakukan. Di samping juga nanti akan ada upaya pencegahan longsor susulan dengan menutup area longsor menggunakan terpal.

“Kita akan berusaha melakukan pencegahan lebih lanjut,” papar Dwi.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengatakan, pasca-evakuasi kedua jenazah korban ini kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY. Proses pencarian terhadap dua korban tertimbun longsor ini dilakukan selama tiga hari.

Puluhan personel SAR gabungan bersama TNI dan Polri dikerahkan dalam proses pencarian. Proses pencarian dua korban ini pun menggunakan tiga alat berat berukuran kecil. “Bersyukur korban longsor telah ditemukan,” jelas Pipit. (*)

Saksikan Juga

Tanah Longsor Menutup Jalan Utama di Abepura

BERITA - lewat 3 tahun lalu
loading...