KPK Soroti Sekjen Kementerian Agama Nur Kholis Rangkap Jabatan Irjen

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi menyoroti rangkap jabatan yang dijalani Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Kholis Setiawan, yang saat ini juga merangkap Inspektur Jenderal. Padahal Irjen sebagai pengawas haruslah sosok yang independen.

"Yang terpenting bagi KPK proses pengawasan internal itu harus kuat. Salah satu ciri proses pengawasan internal itu kuat adalah kalau ada pejabat definitif di sana dan adanya struktur pengawasan cukup," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantornya, Jakarta, Senin 25 Maret 2019. 

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Sehingga, lanjut Febri, bila pejabat lakukan pelanggaran, Irjen selaku pengawas bisa memberikan sanksi. Sebelum terjadi pelanggaran, pengawas juga bisa upaya preventif. 

"Tidak hanya di Kementerian Agama saya kira itu berlaku juga di Kementerian yang lain dan juga instansi daerah yang lain," kata Febri. 

Menag Lantik Sekjen, Widyaiswara Ahli Utama dan Pejabat Eselon II Kemenag

Seperti diketahui, dalam perkara suap jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Rommy, tim penyidik KPK turut menggeledahan ruang kerja Nur Kholis. Seiring dengan itu, terkuak bahwa Nur Kholis saat ini juga merangkap jabatan Irjen Kemenag. (ren)

Peluncuran Alquran Berbahasa Gayo

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Pada momen spesial Ramadan 1445 H, Balitbang Diklat Kementerian Agama RI dan IAIN Takengon menghadirkan terobosan baru: Al-Qur'an terjemahan bahasa Gayo.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024