Logo timesindonesia

Menko Maritim RI Janji Tangani Hilangnya Ikan Lemuru

Menko Maritim RI Luhut Binsar Panjaitan berdialog dengan Nelayan Muncar, Banyuwangi (FOTO: Roghib/TIMES Indonesia)
Menko Maritim RI Luhut Binsar Panjaitan berdialog dengan Nelayan Muncar, Banyuwangi (FOTO: Roghib/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Maritim RI) Luhut Binsar Panjaitan berjanji akan menangani persoalan hilangnya ikan lemuru (Sardinella lemuru) di Perairan Muncar, Banyuwangi.

Para nelayan mengeluhkan sejak tahun 2009 jumlah ikan lemuru di Muncar sangat berkurang drastis. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti overfishing (penangkapan ikan berlebihan), perilaku membuang sampah ke aliran sungai atau laut, dan fenomena siklus ikan lemuru yang bermigrasi akibat habitat tercemar.

"Kita akan segera teliti kenapa ikan lemuru sampai hilang, nanti kita buat penelitian secara ilmiah apakah ini masalah migrasi ikannya atau yang lainnya, saya kira ini gak boleh lama-lama," tegas Luhut dalam temu wicara dengan para tokoh, pemuda dan nelayan di Muncar, Jumat (29/3/2019).

Luhut menambahkan, penelitian ini akan melibatkan Kementerian Bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dalam kesempatan itu disampaikan pula, Banyuwangi menjadi salah satu tujuan para turis. Wilayah Muncar dengan pasar ikannya bisa jadi tujuan turis. Adanya warung pintar bisa membuat ekonomi tambah bagus dan bisa dibuat warung pintar ikan, sehingga marketingnya baik.

Luhut berharap, Perairan Muncar selalu bersih karena sampah sangat berbahaya jika dibuang sembarang. "Sampah ini bisa mencair jika dibuang ke laut dan dimakan ikan, yang mana bisa berbahaya apalagi nantinya kita konsumsi," ujarnya.

Dalam acara temu wicara itu, Luhut didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar beserta jajaran SKPD juga mendiskusikan persoalan para perusahaan ikan nakal yang memakai rumpon untuk tangkapan ikan, sehingga nelayan kecil kesulitan mencari ikan.