Layangkan Somasi, Keluarga Korban Lion Air Tuntut Rp1,25 Miliar

Konferensi pers korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Keluarga dari 24 korban penerbangan nahas Lion Air JT-610, menuntut ganti rugi sebesar Rp1,25 miliar per keluarga atas peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi pada 29 Oktober 2018.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Menurut kuasa hukum yang ditunjuk keluarga korban, Charles J. Herrmann, tuntutan ganti rugi dilayangkan kepada empat pihak yang dianggap paling bertanggungjawab atas kecelakaan, juga atas hal-hal terkait hukum yang terjadi setelahnya.

"Atas nama para korban ini, kami meminta Anda segera membayar setiap keluarga Rp1.254.000.000 yang diamanatkan hukum Indonesia," ujar Herrmann dalam konferensi pers di Hotel Fairmont Jakarta, Kamis, 4 April 2019.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Adapun, keempat pihak adalah Pemilik Lion Air Rusdi Kirana, Presiden Direktur Asuransi Tugu Indira Baruna, CEO Global Aerospace Nick Brown, serta Global Head of Aviation Kennedys Legal Solution, Peng Lim. Charles menyampaikan, pihak-pihak itu bersekongkol mengelabui aturan hukum Indonesia.

Trik itu membuat ganti rugi yang diterima para korban menjadi seminimal mungkin. "Para korban harus kehilangan semua hak mereka untuk menerima kompensasi penuh dari mereka yang bertanggungjawab atas kecelakaan itu," ujar Charles.

Mudik Lebaran 2024, Lion Air Grup Prediksi Kenaikan Penumpang 10-20 Persen

Charles mengungkapkan, keluarga para korban menandatangani release and discharge (R&D) yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, serta berfungsi sebagai dasar hukum pemberian ganti rugi. Charles meminta respons pihak-pihak yang disomasi untuk menunjukkan itikad baiknya, serta memenuhi kewajiban yang diatur oleh sejumlah ketentuan hukum di Indonesia.

"Kami mengundang Anda untuk melakukan negosiasi dengan itikad baik mencari penyelesaian yang adil dan dapat diterima oleh kedua belah pihak." (mus) 
 

Pendiri Lion Group Rusdi Kirana

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

Pemilik Lion Group Rusdi Kirana mengungkapkan harapannya setelah Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang pemilu oleh KPU.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024