Luapan Sungai Citarum Genangi Ribuan Rumah di Kabupaten Bandung

Luapan sungai Citarum
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Kabupaten Bandung terus menjadi sasaran luapan Sungai Citarum. Kali ini, ribuan rumah di lima kecamatan terdampak akibat luapan di antaranya Beleendah, Dayeuh Kolot, Bojongsoang, Majalaya dan Banjaran.

Ridwan Kamil Siaga Satu Banjir dan Tanah Longsor di Jawa Barat

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Bandung mencatat, sebagian permukiman di Kecamatan Banjaran terdampak. Hal ini lantaran ketinggian anak sungai Citarum Cisangkuy meluap dengan genangan yang mencapai 370 centimeter.

Sebagian permukiman warga Majalaya juga terdampak karena sungai Citarum di kawasan tersebut meluap. Sementara, sungai Citarum yang melintas Dayeuh Kolot, Baleendah dan Bojongsoang bahkan sempat meluapkembali pada Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Ridwan Kamil Tegaskan Mulai Sikat Mafia Perusak Citarum

“Banjir di Kabupaten Bandung hampir satu pekan lebih masih belum surut. Ada lima Kecamatan yang saat ini terdampak banjir yaitu Banjaran, Majalaya, Bojongsoang, Dayeuh Kolot dan Baleendah,” ujar Ketua tim SAR MRI Kabupaten Bandung, Atep Salman Al Farisi, Senin 8 April 2019.

Tidak hanya itu, akses lalu lintas menuju Kota Bandung terputus. Dari pantauan pihaknya, genangan banjir di Dayeuh Kolot semakin luas dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Selain jalur utama, jalan alternatif pun dipadati kendaraan terutama oleh roda dua.

Paracetamol di Citarum Lebih tinggi 2 Kali Lipat dari Teluk Jakarta

“Banjir ini mengakibatkan jalan menuju Kota Bandung maupun sebaliknya lumpuh. Perekonomian masyarakat yang terkena banjir pun terhambat,” katanya. (sah)

Kaum buruh di Jawa Barat gelar aksi bersih-bersih sungai citarum

Relawan Buruh Sahabat Ganjar Jabar Gelar Aksi Bersih-bersih Sungai

Kaum buruh di Jawa Barat menaruh perhatian khusus terhadap kondisi sungai citarum yang banyak tercemar oleh sampah.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2023