Waspada Potensi Hujan Lebat 18-20 April, Ini Wilayahnya

prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca, dalam dua hari ke depan, yaitu 18-20 April 2019.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari mengatakan, berdasarkan pengamatan BMKG, walaupun sudah memasuki awal musim kemarau, tetapi masih ada beberapa wilayah yang memiliki potensi hujan lebat sampai dua hari ke depan. 

Di antaranya, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua. 

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

"BMKG selalu mengimbau untuk selalu waspada dampak dari terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat, petir karena dapat berakibat pada pohon maupun baliho tumbang, banjir, maupun genangan," kata Dwi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 18 April 2019. 

Sementara itu, untuk wilayah lainnya harus diwaspadai terjadinya hujan lebat yang disertai angin kencang, kilat dan petir. Di antaranya, Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. 

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Selain itu, pada 20 April 2019, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi meluas ke Sulawesi Utara dan Maluku. Namun, untuk Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur menjadi wilayah yang diperkirakan tidak turun hujan selama dua hari ke depan. 

Menurut pantauan BMKG, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali NTB dan NTT. 

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024