Hakim PN Surabaya Minta Jaksa Jemput Rian Si Pemesan Vanessa Angel

Terdakwa kasus dugaan penyebaran konten asusila Vanessa Angel menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya mengeluarkan surat penetapan yang berisi perintah bagi Jaksa Penuntut Umum agar menjemput paksa Rian Subroto untuk bersaksi. Dia diketahui pria yang memesan jasa kencan seksual Vanessa Adzania alias Vanessa Angel. 

4 Potret Terkini Faye Nicole, Sahabat yang Diduga Jebak Vanessa Angel Sudah Menikah dan Berhijab

Majelis Hakim yang diketuai Anne Rusiana mengeluarkan penetapan tersebut setelah Rian mangkir dari tiga kali panggilan bersaksi. Begitu juga dalam sidang perkara itu yang digelar pada di PN Surabaya pada Senin, 11 April 2019. 

"Awalnya jaksa akan membacakan keterangan Rian di BAP (Berita Acara Pemeriksaan), kami keberatan," kata penasihat hukum terdakwa Tentri Novanto, Robert Mantinia di Surabaya, Senin 29 April 2019.  

Fuji dan Fadly Faisal Bikin Tren 'Hi Kids' Buat Gala, Netizen: Kayak Liat Bibi Sama Vanessa

"Ini ada penetapan nomor 778/Pidsus/2019 tertanggal 29 April perintah hakim untuk menjemput paksa Rian Subroto. Kalau tidak menghadirkan, JPU koordinasi dengan pihak Polda untuk mengeluarkan DPO (daftar pencarian orang) supaya diketahui, Rian Subroto ini siapa?" kata Robert. 

Menurutnya, kehadiran dan kesaksian Rian penting untuk mengungkap fakta yang sebenarnya perkara prostitusi online yang membelit klien nya dan para terdakwa lain, termasuk Vanessa. Sebab, lanjut dia, tidak mungkin terjadi transaksi tanpa ada yang memesan. "Kasihan para terdakwa," ungkapnya. 

Terpopuler: Oma Gala Curhat di Momen Ultah Vanessa Angel dan Kondisi Ammar Zoni di Bui

Sebelumnya, Robert mengatakan bahwa pihaknya curiga perkara kliennya direkayasa karena bukti transfer uang menuliskan nama pengirim berinisial HS, bukan Rian Subroto. Apakah Rian sendiri merupakan sosok fiktif? "Entah fiktif atau tidak, yang jelas hakim tidak melihat itu, tapi melihat fakta," ujarnya. 

Jika Rian tetap tidak bisa dihadirkan, Robert berpendapat bahwa kliennya dan semua terdakwa perkara itu harus dibebaskan dari dakwaan dan tuntutan JPU. Adapun rencana jaksa yang akan membacakan BAP Rian menurutnya tidak bernilai. "Kalau jaksa bacakan BAP Rian, itu tidak ada nilainya. Harus dihadirkan," ucapnya. 
 

Icha Annisa

Diduga Kirim Santet ke Stevie Agnecya, Icha Annisa Ternyata Dulu Dekat dengan Vanessa Angel

Vanessa Angel dulu juga sering curhat kepada Icha Annisa karena menaruh kepercayaan yang besar.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024