Logo timesindonesia

Stok Sembako di Lamongan Aman Selama Ramadhan

Pedagang di Pasar Sidoharjo menakar beras untuk pembeli. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Pedagang di Pasar Sidoharjo menakar beras untuk pembeli. (FOTO: dok TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Menjelang bulan suci Ramadhan, stok sembako dan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, masih normal.

“Pantauan harga menjelang puasa, kondisi harga masih stabil,” kata M. Zamroni, Kepala Disperindag Lamongan, Selasa, (30/4/2019).

Meski diakuinya, ada beberapa item bumbu masak yang mengalami kenaikan. “Yang naik, bawang putih, merah, cabe keriting. Itu juga pengaruhi cuaca, selain itu distribusi, kalau distribusinya ke Lamongan telat ya naik harga,” ujarnya.

Atas kenaikan item-item bumbu dapur itu, Zamroni menjelaskan, Disperindag bekerjasama dengan Bulog, akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga kebutuhan-kebutuhan pokok menjelang Ramadhan.

“Kita juga diminta membuka operasi pasar murah, sembako, beras, terigu, minyak, kita jual harga standar,” ucapnya.

Operasi pasar, sambung Zamroni, terutama untuk menstabilkan harga bawang putih yang saat ini menembus angka Rp 40 ribu. “Kita distabilkan ke harga Rp 32 ribu,” tuturnya.

Selain akan menggelar operasi pasar, Disperindag Lamongan juga akan menggelar pasar murah. “Pasar murah, sembako yang permintaannya tinggi, ini yang kita antisipasi. Pasar murah untuk membantu yang kurang mampu,” katanya. (*)