Banjir Bandang di Kabupaten Samosir, Satu Korban Ditemukan Tewas

Persiapan pencarian dan proses evakuasi korban banjir bandang di Samosir
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dan  mengevakuasi satu korban hilang akibat banjir bandang yang menerjang Desa Buntu Mauli, Kecamatan Sitiotio, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat sore, 3 Mei 2019. 

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Parapat Danau Toba, Octo Albert Tambunan, mengungkapkan bahwa korban yang berhasil dievakuasi bernama Tiaman boru Situmorang. Wanita berusia 65 tahun itu ditemukan dengan kondisi sudah tidak bernyawa lagi.

"Tim gabungan sudah berhasil menemukan korban yang hilang kemarin dan saat ditemukan korban dalam keadaan meninggal dunia," sebut Octo kepada wartawan, Sabtu 4 Mei 2019.

Octo menjelaskan bahwa penemuan korban tersebut diketahui setelah tim gabungan beserta masyarakat melakukan pencarian dengan menggunakan alat berat yang diturunkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Samosir. 

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

"Jadi sekitar pukul 12.10 WIB, tim gabungan berhasil menemukan korban berada di antara lumpur sisa banjir bandang tersebut dalam keadaan meninggal dunia. Petugas yang melihat korban itu langsung melakukan evakuasi," tutur Octo.

Octo mengatakan dengan kondisi korban sudah tidak bernyawa lagi, tim SAR Gabungan langsung membawa jenazah wanita tua itu, ke rumah sakit terdekat. Kemudian, untuk segera diserahkan kepada pihak keluarga korban. 

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

"Untuk korbannya sendiri ditemukan tim gabungan sekitar 10 meter dari rumahnya," kata Octo.

Selain menewaskan seorang warga, banjir bandang membuat empat unit rumah masyarakat tersapu derasnya sungai Rasangbosi Desa Buntu Mauli, Kecamatan Sitiotio, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024