Mensos Janji Dana Korban Bencana Sulteng Tersalurkan Sebelum Lebaran - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 10 Mei 2019 | 16:51 WIB

Mensos Janji Dana Korban Bencana Sulteng Tersalurkan Sebelum Lebaran

Mensos mengaku tidak ada kendala dalam penyaluran dana.
Menteri  Sosial Agus Gumiwang di kantor Presiden
Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Menteri Sosial Agus Gumiwang di kantor Presiden

VIVA – Dana jaminan hidup atau Jadup untuk korban bencana Sulawesi Tengah dijanjikan segera tersalurkan kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan dalam rapat perkembangan penanggulangan bencana Sulteng dan Nusa Tenggara Barat di Kantor Wakil Presiden.

"Insya Allah sebelum lebaran kami bisa selesaikan," kata Menteri Sosial, Agus Gumiwang di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat 10 Mei 2019.

Meski prosesnya lama, Agus mengklaim tidak ada kendala dalam penyaluran Jadup. Dia mengungkapkan, Kemensos juga menunggu data penerima Jadup itu dari pemerintah daerah, untuk kemudian divalidasi.

"Nah kalau untuk Sulteng, memang surat untuk jaminan hidup baru kami terima 25 April dari Sulteng. Sebab itu sekarang kami kebut untuk melakukan proses validasi," ujar Agus.

Sementara untuk Nusa Tenggara Barat, Jadup tahap kedua masih dalam proses validasi. Dia juga mengaku masih punya sisa waktu, karena tanggap darurat dan transisi darurat belum selesai hingga 25 Agustus.

"Sedangkan peraturan menteri sosialnya, program jaminan hidup itu hanya bisa disalurkan setelah selesai masa transisi darurat," ucap dia.

Kemensos juga menyiapkan bantuan yang disebut dengan santunan ahli waris. Agus mengklaim tak ada masalah dalam santunan baik di Sulteng atau NTB.

"Kalau untuk Sulteng, santunan ahli waris tidak ada masalah. Kemudian untuk santunan ahli waris di NTB juga sudah tidak ada masalah." (mus)

loading...
Muat Lainnya...