Logo timesindonesia

Wisata Religi di Masjid Tiban

Suasana di sekitar Masjid Tiban yang dilihat dari ketinggian. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Suasana di sekitar Masjid Tiban yang dilihat dari ketinggian. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Ingin beribadah dan sekaligus berwisata pada bulan Ramadhan? Masjid Tiban yang ada di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bisa jadi pilihan utama.

Pada momen Ramadhan kali ini, Masjid yang berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlailir Rahma tersebut memang menjadi primadona wisatawan untuk dikunjungi selama bulan Ramadhan ini.

Di tempat tersebut, wisatawan bisa beribadah dan sekaligus beriwsata religi. Selain itu, banyak orang tua yang mempercayakan anaknya untuk mengemban ilmu agama melalui pesantren kilat di Masjid Tiban.

Pengelola Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlailir Rahma lebih banyak fokus kegiatan madrasah diniyah selama Ramadhan. Bukan hanya santri, para jamaah juga banyak menginap untuk belajar ilmu agama.

Petugas Bidang Informasi Masjid Tiban Mochammad Yasik menjelaskan, selama empat tahun belakangan pihaknya membuka kelas khusus belajar ilmu agama selama bulan ramadhan.

"Para santri maupun jamaah sangat antusias mengikuti program selama Ramadhan. Karena selain belajar, mereka juga bisa beribadah dan beriwsata religi di tempat ini," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (12/5/2019).

Menurutnya, kegiatan belajar agama selama bulan Ramadhan atau lebih tepatnya program pondok Ramadhan di Masjid Tiban dilaksanakan selama 28 hari penuh. Materi yang didapat yakni mengkaji ilmu Alquran dan Fiqih.