Tambang Ilegal Pongkor Longsor, Lima Tewas & Puluhan Gurandil Hilang - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 13 Mei 2019 | 23:49 WIB

Tambang Ilegal Pongkor Longsor, Lima Tewas & Puluhan Gurandil Hilang

Tiga orang ditemukan selamat, BPBD siaga di lokasi.
Tanah longsor di area penambangan emas ilegal Gunung Pongkor
Photo :

Tanah longsor di area penambangan emas ilegal Gunung Pongkor

VIVA – Bencana longsor melanda penambang emas ilegal (gurandil) di area Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Lima orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara tiga orang selamat. 

Informasi yang dihimpun VIVA dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, menyatakan longsor terjadi pada Minggu dini hari, 12 Mei 2019, pukul 01.00 WIB, berlokasi di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung.

"Struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor dan puluhan penambang tertimbun tanah belum ditemukan," kata Sekertaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo kepada VIVA, Senin malam, 13 Mei 2019. 

Budi mengatakan, saat ini petugas gabungan BPBD, SAR, TNI-Polri berada di lokasi untuk menyisir keberadaan korban. Informasi terkini, lima orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan belum teridentifikasi identitasnya. 

"Hingga siang tadi juga ditemukan tiga orang selamat atas nama Uus (35) Desa Bantar Karet, Dede (30) Desa Cisarua, Dika (24) Desa Cisarua. Dan saat ini puluhan (lain) penambang belum ditemukan," kata Budi.

Budi menjelaskan, tim SAR mengalami kesulitan karena lokasi longsor yang sangat curam berada di lereng kaki gunung. Pencarian terpaksa dihentikan saat ini dan dilanjut esok hari. "Di lokasi posko PMI BPBD sudah siaga," katanya. 
 

Saksikan Juga

Nonton Langsung Balap Motor Oneprix di Sentul, Makin Seru!

OTOMOTIF - 13 hari lalu
loading...
Muat Lainnya...