Cegah Tragedi KM Sinar Bangun, Lima Repeater Ditempatkan di Danau Toba

Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA/Anugrah Andriansyah

VIVA – Mengantisipasi tragedi maut kapal motor tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, saat liburan Idul Fitri, Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba bersama sejumlah pihak sudah melakukan kesiapan pelayanan libur Lebaran 2019.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo mengatakan, Pengelolaan Transportasi Darat Sumatera Utara (BPTDSU) sedang melakukan pengecekan dan perbaikan alat komunikasi pelayaran repeater Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Danau Toba.

“Juga telah dilaksanakan rampchek dari 30 April hingga 3 Mei 2019 oleh Tim Direktorat Transportasi SDP Perhubungan Darat Kemenhub didampingi oleh BPTDSU. Hal ini kita lakukan bersama untuk mencegah hal tidak diinginkan saat liburan Lebaran nantinya," kata Arie di Medan, Senin, 27 Mei 2019.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Repeater ditempatkan di lima lokasi, antara lain Pelabuhan Tigaras, Simanindo, Ajibata, Ambarita, dan Tower RRI di Kabupaten Samosir. Pemeriksaan dan pengecekan juga dilakukan kepada kapal motor penyeberangan (KMP) yang dikelola oleh perorangan atau masyarakat dan jumlahnya mencapai 60 persen. Semua KMP dicek ulang, dokumen-dokumen administrasi pelayaran diperbaiki.

Prediksi puncak arus mudik menuju Kabupaten Samosir pada 28 Mei 2019. Sementara itu, puncak arus balik dari daerah yang sama diperkirakan 9 Juni. Kemenhub juga menyiapkan KMP sebanyak lima unit.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Kelima KMP itu, antara lain KMP Tao Toba I dengan rute Ajibata-Tomok sebanyak lima perjalanan selama libur Lebaran, KMP Tao Toba II rute Ajibata-Tomok lima trip, KMP Ihan Batak rute Ajibata-Ambarita enam trip, KMP Sumut I rute Tigaras-Simanindo Rute Tigaras-Simando tujuh trip, dan KMP Sumut II dengan rute yang sama tujuh trip.

"Itu semua ada penambahan frekuensi pengangkutan penumpang untuk penyeberangan di Danau Toba selama liburan Lebaran ini," kata Arie.

Selama liburan Lebaran, katanya, Basarnas akan berpatroli di kawasan danau vulkanis itu seperti di Tomok, Ajibata, Tigaraja, dan Pantai bebas. Patroli untuk mengawasi pengangkutan penumpang dan mencegah kapal berlayar dengan kondisi kelebihan kapasitas.

Kapal Motor Sinar Bangun karam di Perairan Danau Toba, Sumatera Utara sekira pukul 17.30 WIB, Senin, 18 Juni 2018. Sebagian besar penumpang saat itu merupakan wisatawan yang menghabiskan waktu berlibur Lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya