Pelabuhan Alternatif Saat Mudik Dekat Pelabuhan Merak

Truk antre di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA – Guna mengurangi penumpukkan kendaraan saat arus mudik, terutama kendaraan besar, Kepolisian bersama Kementerian Perhubungan akan memanfaatkan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya atau BBJ di Kabupaten Serang, Banten. Khususnya, untuk mengangkut truk menuju Lampung.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pelabuhan BBJ di Kabupaten Serang, Banten, juga memiliki pelabuhan sendiri di dekat Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

"Upaya yang sudah dilakukan, untuk truk itu (menyebrang) di Pelabuhan BBJ Bojonegara (di Pelabuhan BBJ) itu ada empat kapal," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir, Selasa 28 Mei 2019.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Dia mengatakan, sopir truk dan kendaraan besar bisa keluar Gerbang Tol Cilegon Timur, kemudian mengikuti petunjuk jalan dengan mengambil arah Bojonegara.

Namun diingatkan, kondisi jalan sudah di beton, namun sudah banyak yang pecah. Penerangan jalan umum (PJU) pun masih minim. Debu Jalanan pun tebal, sehingga pengemudi diminta berhati-hati saat berkendara.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

"Dalam sehari kapal bisa beroperasi 16 trip. Diperkirakan, minimal roda enam bisa terangkut. Jadi, bisa mengurangi antrean kita (di Pelabuhan Merak)," terangnya.

Meski ada alternatif pelabuhan penyeberangan milik swasta bagi kendaraan besar, pihak Kepolisian tetap menghimbau agar pemudik memilih perjalanan siang hari. Selain mengurangi lonjakan pemudik pada hari puncak yang diprediksi terjadi pada H-5, menyeberang siang hari pun akan lebih lancar dan terhindar dari kemacetan.

"Kami sangat berharap, pemudik upayakan tidak menyeberang di malam hari, kalau siang hari kondisi angkutan stabil, tidak terjadi antrean. Sehingga, beban puncak (malam hari) terbagi dengan di siang hari nya," jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya