81 Ribu Kendaraan Masuk Tol Semarang Selama Dua Hari

Arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Jumlah kendaraan pemudik yang masuk tol trans-Jawa di Kota Semarang, Jawa Tengah, selama dua hari mengalami peningkatan hingga 234 persen dari hari biasanya. Tercatat pada H-7 dan H-6, kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung mencapai sebesar 81.460 kendaraan.

One Way di Tol Trans Jawa Diperpanjang hingga 15 April 2024 Pukul 24.00

Menurut Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero), Irra Susiyanti, kenaikan signifikan itu menjadi bukti bahwa tol trans-Jawa menjadi favorit pemudik. Padahal data harian Lalu Lintas Rata-Rata (LHR) normal di GT Tol pintu masuk Jawa Tengah itu hanya sebesar 24.352 kendaraan.

"GT Kalikangkung menerima transaksi pengguna jalan yang berasal dari jalan tol sebelumnya, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, untuk menuju ke arah Kota Semarang maupun melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan sekitarnya," kata Irra, Jumat, 31 Mei 2019.

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak

Ia merinci lonjakan pemudik di tol Semarang-Batang pada 29 Mei atau H-7 lebaran, sebanyak 31.835 kendaraan atau naik 172 persen dari LHR normal 11.699 kendaraan. Sementara pada 30 Mei atau H-6 lebaran sebanyak  49.625 kendaraan, naik 292 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan.

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Irra menyebut PT Jasa Marga Semarang-Batang memaksimalkan 22 gardu operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 mobile reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Jasa Marga Sebut Masih Ada 40 Persen Pemudik Belum Kembali

PT Jasa Marga Semarang-Batang juga dengan diskresi Kepolisian melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, menempatkan petugas di lokasi-lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan, serta terus menyosialisasikan nomor call center.

"Kami perjalanan jauh jalan tol trans-Jawa untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda," Irra mengingatkan.

Antrian Panjang di Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Balik Lebaran 2024

Jasa Marga Catat 961 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada H1 hingga H+3 Lebaran

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 961.852 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H1 sampai dengan H+3 Hari Raya Idul Fitri, Rabu hingga Minggu 14 April.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024