81 Ribu Kendaraan Masuk Tol Semarang Selama Dua Hari - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 31 Mei 2019 | 22:40 WIB

81 Ribu Kendaraan Masuk Tol Semarang Selama Dua Hari

PT Jasa Marga memaksimalkan 22 gardu operasi di GT Kalikangkung.
Arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Photo :
  • VIVA/Dwi Royanto

Arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah.

VIVA – Jumlah kendaraan pemudik yang masuk tol trans-Jawa di Kota Semarang, Jawa Tengah, selama dua hari mengalami peningkatan hingga 234 persen dari hari biasanya. Tercatat pada H-7 dan H-6, kendaraan yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung mencapai sebesar 81.460 kendaraan.

Menurut Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero), Irra Susiyanti, kenaikan signifikan itu menjadi bukti bahwa tol trans-Jawa menjadi favorit pemudik. Padahal data harian Lalu Lintas Rata-Rata (LHR) normal di GT Tol pintu masuk Jawa Tengah itu hanya sebesar 24.352 kendaraan.

"GT Kalikangkung menerima transaksi pengguna jalan yang berasal dari jalan tol sebelumnya, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, untuk menuju ke arah Kota Semarang maupun melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur dan sekitarnya," kata Irra, Jumat, 31 Mei 2019.

Ia merinci lonjakan pemudik di tol Semarang-Batang pada 29 Mei atau H-7 lebaran, sebanyak 31.835 kendaraan atau naik 172 persen dari LHR normal 11.699 kendaraan. Sementara pada 30 Mei atau H-6 lebaran sebanyak  49.625 kendaraan, naik 292 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan.

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Irra menyebut PT Jasa Marga Semarang-Batang memaksimalkan 22 gardu operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 mobile reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

PT Jasa Marga Semarang-Batang juga dengan diskresi Kepolisian melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, menempatkan petugas di lokasi-lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan, serta terus menyosialisasikan nomor call center.

"Kami perjalanan jauh jalan tol trans-Jawa untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima, serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda," Irra mengingatkan.

Saksikan Juga

Semarak Sambut Idul Adha, dari Pawai Obor hingga Karnaval

TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...