MUI Imbau Khatib Idul Fitri Doakan Kedamaian Bangsa

Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia di Jakarta
Sumber :
  • mui.or.id

VIVA – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Asrorun Niam Sholeh, meminta para khatib Idul Fitri menyelipkan doa dalam khutbahnya, untuk kedamaian dan kemaslahatan bangsa, serta tetap terpeliharanya keamanan, kenyamanan,  dan jauh dari rasa permusuhan yang bisa mengoyak kebersamaan bangsa.

Heboh ChatGPT Bisa Ganti Peran Pendeta di Gereja

"Mendoakan para pemimpin bangsa untuk terus diberi kekuatan untuk membangun bangsa. Para elitnya diberi kekuatan membangun kebersamaan dan menahan diri dari perpecahan," kata Asrorun melalui siaran persnya, Selasa 4 Juni 2019.

Ia menjelaskan hakikat Idul Fitri adalah kesediaan kita untuk berbagi permaafan sebelum orang memintanya. Di mana saling memaafkan adalah kunci untuk merajut tali silaturahmi.  

Khotbah Salat Idul Adha, Mahfud MD Ingatkan Jaga Persaudaraan Jelang Tahun Politik

"Hakekat silaturrahmi adalah menyambungkan tali persaudaraan yang pernah terputus. Terputus karena jarak, karena kesalahpahaman, karena pemilu dan karena sebab apapun. Kita wajib menyambung kembali untuk mewujudkan persaudaraan sejati, tanpa iri dan caci maki," jelasnya.

Idul Fitri harus menjadikan umat Islam memperkokoh persaudaraan, baik persaudaraan sesama umat (ukhuwwah Islamiyah), persaudaraan sebangsa (ukhuwwuh wathaniyyah) maupun persaudaraan sesama manusia (ukhuwwah Insaniyah). 

Bawaslu Harap MUI Masifkan Sosialisasi Fatwa soal Politik Uang Haram

"Tidak ada lagi sekat yang memisahkan, terutama faktor psikologis akibat sisa-sisa pemilu. Saatnya merajut kebersamaan untuk kemaslahatan bersama. Kerugian bangsa lain yang pecah akibat konflik harus dijadikan pelajaran berharga agar kita tidak jatuh pada kondisi yang sama," lanjut Asrorun. (ren)

Habib Jafar

Kocaknya Pembahasan War Takjil Antara Habib Jafar dan Pendeta Marcel

Tren war takjil ini begitu membekas di Ramadhan 2024, sebab tren ini disebut-sebut bisa mempersatukan kembali seluruh umat beragama di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024