Menhub Sebut Jumlah Pemudik dengan Pesawat Turun karena Tol Bagus

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut jumlah pemudik dengan moda transportasi darat dan laut meningkat pada musim libur lebaran Idul Fitri 2019. Namun jumlah pemudik dengan pesawat udara turun.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Menurut Budi, jumlah pemudik dengan moda transportasi darat, seperti kereta, mobil pribadi, dan bus naik 7 persen, bahkan khusus pengguna mobil pribadi atau bus diperkirakan hingga 10-15 persen. Kenaikan sampai 7 persen juga pada jumlah pemudik dengan kapal laut.

Menurut Budi ada beberapa faktor mengapa jumlah pemudik jalur udara turun, di antaranya karena harga tiket naik, sebagaimana terjadi sejak beberapa bulan lalu. 

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

Tapi, pada dasarnya, katanya, hal itu dipengaruhi kombinasi beberapa faktor utama. “Satu, harga [tiket]. Kedua, jalan tol sudah bagus. [Ketiga, moda transportasi] lautnya juga alternatifnya banyak sekali," katanya usai bersilaturrahim di rumah Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019.

Budi tak menjanjikan apa pun tentang permasalah harga tiket pesawat yang mahal sejak beberapa bulan terakhir, kecuali akan mengevaluasi sistem transportasi udara. Evaluasi itu diharapkan dapat menemukan formulasi terbaik bagi masalah tiket pesawat.

7 Mobil Kecelakaan Beruntun di Tol Surabaya-Mojokerto, Bayi 7 Bulan Luka

Satu hal yang pasti, katanya, pemerintah tak akan meminta maskapai penerbangan menurunkan batas tarif atas tiket karena itu sudah standar atau cukup terjangkau. “Kalau sudah low season harganya akan lebih baik," ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Kantor Jasa Marga KM 70, Senin, 15 April 2024

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 terjadi pada Senin malam, 15 April 2024. Dia mengatakan, pemud

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024