Antisipasi Kepadatan, Pemudik Diimbau Mulai Arus Balik Hari Ini

Posko Mudik Terpadu Kemenhub RI.
Sumber :
  • Fajar Ginanjar Mukti/ VIVAnews

VIVA – Kementerian Perhubungan mengimbau agar para pemudik sudah melakukan arus balik pada hari ini. Hal ini disarankan agar tidak adanya penumpukan kendaraan pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

Kemenhub: Tidak Ada UU ODOL, Hanya Penguatan Regulasi

"Kami berharap sebagaimana arahan pak Menteri (Menhub Budi Karya) sudah ada mulai balik pada hari ini," Ketua Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran 2019, Gede Pasek Suardika di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta Pusat, Kamis 6 Juni 2019.

Ia pun meminta para petugas yang memantau beberapa jalur mudik dan penyeberangan agar memonitor lebih detail apakah sudah mulai ada pergerakan arus balik.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

Jika tak melakukan arus balik secepatnya, ia mengimbau kepada para pemudik agar tak semua para pemudik balik ke Ibu kota pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019.

"Kalau tidak balik tanggal 8 dan 9 Juni lewati sekalian biar tidak menumpuk di tanggal 8 dan 9 Juni," ujarnya.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik mudik 2019 terjadi pada 8-9 Juni 2019. Oleh karena itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik tak kembali ke Jakarta pada tanggal tersebut.

"Bapak Menhub sudah menyampaikan prediksi puncak arus balik akan terjadi pada 8-9 Juni 2019. Untuk itu, kami mengimbau agar para pemudik yang akan kembali ke Jakarta kembali lebih awal dan melakukan perjalanan pada pagi hari," kata Ketua Posko Harian Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 Kemenhub Pandu Yuniyanto saat jumpa pers di Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Juni 2019. (ren)

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi.

Tarif Angkutan Barang akan Diatur Kemenhub

Tarif angkutan barang selama ini ditetapkan berdasarkan harga pasar. Karena itu akan diatur dengan seragam oleh Kemenhub.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022