Skema One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran, Ini Sebabnya

Kendaraan pemudik terjebak macet di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/AGUS

VIVA – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, menyebutkan skema one way pada arus balik Libur Lebaran 2019 mendapat sorotan. 

Mudik 2024, Rekayasa Lalu Lintas Trans Jawa Mulai Dijalankan 5 April 2024

Evaluasi itu menyusul kemacetan parah yang terjadi saat arus balik di pintu tol Cikampek dan pintu tol Cikarang Utama. Kemacetan itu ditengarai karena desain pintu tol Cikampek dan Cikarang Utama berbentuk corong. 

"Untuk kendaraan ke arah timur lancar, karena dari jalan sempit ke jalan lebar. Tapi, jalur sebaliknya malah stuck," kata Bambang di Tangerang, Rabu 12 Juni 2019.

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Ini Skemanya

Oleh karena itu, BPTJ menerapkan sistem contra flow untuk arus balik dari mudik lebaran. "Untuk arus balik sebaiknya dilakukan kanalisasi terlebih dahulu dan lebih bijaksana apabila diberlakukan skema contra flow," ujarnya.

Sementara itu, menurut hasil evaluasi untuk penerapan skema one way pada arus mudik Lebaran 2019 diklaim sukses dan dapat mengurai kemacetan puncak arus mudik.

Jadwal One Way hingga Contra Flow saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

"Arus mudik kemarin kita sangat sukses dan lancar bahkan di luar prediksi orang orang. Jadi one way sukses untuk arus mudik tapi arus baliknya harus dirubah strateginya tidak one way. Bahkan kalau bisa contra flow saja," ungkap Bambang. (ren)

Armada pesawat Lion Air

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Lion Air Group memastikan pemberlakukan harga tiket pesawat yang dikenakan kepada penumpang sesuai dengan aturan Kementerian Perhubungan

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024