Otoritas Sukamiskin Klaim Petugas Pengawal Novanto Berobat Tak Disuap - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 15 Juni 2019 | 11:22 WIB

Otoritas Sukamiskin Klaim Petugas Pengawal Novanto Berobat Tak Disuap

Setya Novanto menyalahgunakan izin berobat dengan pelesiran.
Terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto (kanan)
Photo :
  • ANTARA FOTO/Adam Bariq

Terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto (kanan)

VIVA – Otoritas Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat, memastikan bahwa Setya Novanto dikawal oleh dua petugas, saat sang terpidana perkara korupsi proyek e-KTP itu keluar penjara untuk berobat ke rumah sakit kemarin.

Novanto keluar Lapas Sukamiskin, memang setelah mendapatkan izin berobat atas keluhan sakit di bahunya. Namun, dia lantas menyalahgunakan kesempatan keluar Lapas itu dengan pergi diam-diam bersama istrinya ke sebuah toko bangunan di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sementara dua petugas pengawal menunggu di rumah sakit.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris mengaku ada faktor kelalaian kedua petugasnya dalam mengawal Novanto dan berjanji menyanksi mereka.

Namun, dia memastikan bahwa kedua petugas itu tak menerima suap atau gratifikasi atau pemberian dalam bentuk apa pun saat mengawal Novanto.

“Enggak ada [suap atau gratifikasi atau pemberian dalam bentuk apa pun kepada petugas pengawal Setya Novanto], nol rupiah,” ujar Aris, ketika dikonfirmasi pada Sabtu, 15 Juni 2019.

Celah praktik suap dari terpidana kepada petugas, katanya, sudah tertutup rapat. Lapas Kelas 1 Sukamiskin menjadi wilayah bebas korupsi 2019 sebagai program dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Saksikan Juga

Bersaksi untuk Sofyan Basir, Setyo Novanto Tampil Beda

TVONE NEWS - 2 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...