Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pasaman Barat

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Sebagian warga di Kabupaten Pasaman Barat, sempat berhamburan keluar rumah akibat getaran gempa bumi Magnitudo 5,3 pada hari ini, Senin 17 Juni 2019, pukul 18.04 WIB.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Meski getaran lindu itu dirasa cukup kuat hingga ke beberapa wilayah, seperti Kota Padang dan Padang Panjang, namun hingga kini belum ada laporan resmi dari otoritas terkait apakah ada kerusakan bangunan maupun korban jiwa.

“Getaran dirasa cukup kuat. Ada warga yang keluar bangunan dan lari ke titik yang lebih aman,” kata koordinator kantor Pos SAR Kabupaten Pasaman Barat, Zulfahmi melalui sambungan ponsel, Senin.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Lebih lanjut, Zulfahmi mengemukakan, meski banyak warga yang sempat keluar rumah, namun kondisi di Kabupaten Pasaman Barat hingga kini masih kondusif. “Kondisi masih normal. Belum ada laporan dampak kerusakan maupun korban jiwa,” ujar Zulfahmi.

Diketahui, berdasarkan data BMKG Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang, gempa bumi berkekuatan M 5,3 ini, berada di kedalaman 23 kilometer dengan posisi 0,36 Lintang Selatan dan 99,00 Bujur Timur. (asp)

Penjelasan Pakar Geologi soal Gempa Tuban yang Guncang Jawa Timur
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024