KPK Jelaskan Bigjen Firli Ditarik ke Kepolisian karena Promosi Jabatan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 20 Juni 2019 | 21:16 WIB

KPK Jelaskan Bigjen Firli Ditarik ke Kepolisian karena Promosi Jabatan

Penarikan itu tak ada kaitannya dengan isu pelanggaran kerja di KPK.
Ketua KPK, Agus Raharjo.
Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

Ketua KPK, Agus Raharjo.

VIVA – Kepolisian menarik Brigadir Jenderal Polisi Firli dari tugasnya di Komisi Pemberantasan Korupsi. Firli diketahui menjabat Deputi Penindakan KPK

Ketua KPK, Agus Rahardjo, menjelaskan Firli ditarik kembali ke Polri karena akan mendapat promosi jabatan.

"KPK menerima surat dari Kapolri tertanggal 11 Juni 2019 perihal pengembalian penugasan anggota Polri di KPK. Surat kemudian dibahas oleh Pimpinan hingga sebagai respons resmi KPK. KPK mengirim surat surat tertanggal 19 Juni 2019 pada Kapolri tentang penghadapan kembali pegawai negeri yang dipekerjakan pada PK atas nama Irjen Pol Drs. Firli, M.Si.," kata Agus saat dikonfirmasi awak media, Kamis, 20 Juni 2019. 

Agus membenarkan, penarikan Firli oleh Polri lantaran kebutuhan organisasi yakni dalam rangka pembinaan karier dan penugasan baru. Sehingga KPK mengakomodir permintaan tersebut. 

"Pimpinan KPK menyampaikan terima kasih dan menghargai segala kontribusi yang bersangkutan yang pernah bertugas sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK," kata Agus.

Dikonfirmasi secara terpisah, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga menepis anggapan sejumlah pihak bahwa pengembalian Firli karena adanya pelanggaran selama kerja di KPK.

Menurut Saut, mengenai peristiwa laporan pegawai KPK terhadap Firli sudah pernah diputus pimpinan. Karena itu dipastikan penarikan ini tidak ada sangkut pautnya dengan hal tersebut.  

"Kami sudah membahas itu (pemeriksaan internal), Tapi bukan pada keputusan final artinya kemudian kembali ya itu prosesnya seperti itu," kata Saut. (ase)

Saksikan Juga

Perusakan Buku Merah, Dokter IZH dan Rusuh Catalonia

BERITA - 2 hari lalu
Topik
loading...
Muat Lainnya...