Anggota DPR Yakin Sulawesi Tengah Jadi Pusat Industri Manufaktur 2024

Pekerja mengeringkan gabah yang akan digiling di Desa Lolu, Sigi, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Basri Marzuki

VIVA – Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Ahmad M Ali mengatakan, Sulawesi Tengah memiliki keunggulan komparatif lantaran punya cadangan sumber daya alam yang begitu besar. Di antaranya, nickel pig iron, biji besi, dan gas. 

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Saya optimis tahun 2024, daerah ini akan menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi,” ujar Ali di Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.

Ali menambahkan, Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbesar di Pulau Sulawesi dengan luas wilayah daratan 68.033 kilometer persegi dan luas laut mencapai 189.480 kilometer persegi. 

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Wilayah itu, kata dia, memiliki tantangan dari sisi konektivitas, mencakup semenanjung bagian timur, dan sebagian semenanjung bagian utara serta Kepulauan Togean di Teluk Tomini serta pulau-pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo hingga ke perbatasan Sulawesi Tenggara. 

Terlebih, sebagian besar daratan di provinsi ini berupa pegunungan.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

“42,80 persen berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut dan Katopasa adalah gunung tertinggi dengan ketinggian 2.835 meter dari permukaan laut, kita butuh infrastruktur yang besar sekali,” kata dia.

Kendala lain yang harus dicari solusinya adalah perbedaan sebaran sumber daya alam dan iklim membuat pertumbuhan tidak merata. Tantangan itu, kata dia, dalam bentuk gap (ketimpangan) pembangunan antardaerah.

“Konektivitas melalui perbaikan dan penambahan infrastruktur darat, laut, dan udara adalah kunci untuk membangun pemerataan pembangunan melalui daya pacu keunggulan kompetitif dan komparatif di masa mendatang,” ujar dia.

Ali menekankan, percepatan infrastruktur dan energi yang massif akan membuat kondisi geografis strategis dan potensi komparatif menjadikan Sulawesi Tengah sempurna menjadi daerah pusat pertumbuhan.

“Insya Allah, bila kita bekerja secara sungguh-sungguh, optimis Sulteng bisa terwujud sebagai daerah maju berbasis sentral strategis komoditas olahan dan hilirisasi berbasis keunggulan daerah/kabupaten yang pada akhirnya akan membawa kesempatan kerja peluang usaha jauh lebih baik dari sekarang,” ucap dia. 

Laporan: Aura Syifa Katarsis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya