Logo timesindonesia

Zakki Lutier, Gitar Buatan Lamongan yang Merambah Pasar Mancanegara

Ahmad Muzakki mencoba memainkan salah satu gitar buatannya, Senin (1/7/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Ahmad Muzakki mencoba memainkan salah satu gitar buatannya, Senin (1/7/2019). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Di tengah banyaknya produsen gitar dengan merk-merk ternama dari berbagai penjuru dunia, Zakki Luthier, sebuah gitar klasik produksi Lamongan tetap mampu menjaga eksistensinya, bahkan hingga merambah pasar mancanegara.

Zakki Luthier merupakan sebuah gitar yang diproduksi oleh Ahmad Muzakki, seorang perajin gitar (Luthier) asal Kelurahan Jetis, Kecamatan/Kabupaten Lamongan.

Pria yang akrab dipanggil Zakki ini mengaku mulai memproduksi gitar sekitar 13 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2006 silam.

Saat itu Zakki yang memang menggandrungi gitar klasik itu tengah menempuh kuliah jurusan seni musik di sebuah kampus di Bandung.

Atas kecintaan serta untuk mendukung pengembangan ilmu di bangku kuliah itulah Zakki mulai berangan-angan memiliki sebuah gitar yang berkualitas.

"Saya butuh gitar yang bagus, sedangkan untuk membeli gitar yang bagus itu sangat mahal, sampai puluhan juta. Kemudian saya melihat pembuatan gitar dan akhirnya saya tertarik untuk membuat gitar dan saya putuskan untuk belajar membuat gitar dulu di Bandung," kata Zakki, Senin (1/7/2019).

Setelah memiliki pengetahuan tentang seluk beluk pembuatan gitar, Zakki kemudian mencoba membuat dan menyelesaikan gitar pertamanya.