Bakal Ditutup, Begini Riwayat Bisnis Esek-esek Sunan Kuning Semarang

Bakal Ditutup, Begini Riwayat Bisnis Esek-esek Sunan Kuning Semarang

Kamis, 4 Juli 2019 | 13:27 WIB
Akan dijadikan kampung tematik bertema kuliner.
Sosialisasi penutupan lokalisasi Sunan Kuning, Semarang.
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

Sosialisasi penutupan lokalisasi Sunan Kuning, Semarang.

VIVA – Program Kementerian Sosial terkait penutupan lokalisasi seluruh Indonesia mulai ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Semarang. Ibu Kota Jawa Tengah itu bakal menutup Resosialisasi Argorejo atau lebih dikenal lokalisasi Sunan Kuning (SK) dalam waktu dekat.

Fajar Purwoto selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang mengaku, penutupan lokalisasi Sunan Kuning akan dilakukan pada 16 Agustus 2019. 

Sosialisasi terhadap rencana itu pun sudah dilakukan sebelumnya. Mulai bermusyawarah dengan beberapa tokoh masyarakat setempat serta jajaran RT hingga kelurahan dan pengelola Resos. Ia mengklaim seluruh pihak setuju atas penutupan itu. 

"Atas dasar program Kemensos, Kota Semarang pada 2019 harus sudah bersih dari lokalisasi. Ini sejalan dengan program kita," kata Fajar, Kamis, 4 Juli 2019.

Usai resmi ditutup nantinya, Pemkot Semarang akan mengalih fungsikan SK menjadi kampung tematik bertema kuliner. Tujuannya untuk membangkitkan perekonomian warga di sekitar, sejalan dengan program pemerintah.

Terkait lokalisasi Sunan Kuning, Pengelola Resos Argerojo Suwandi  bercerita asal mula lokalisasi yang telah dibinanya selama hampir 30 tahun terakhir. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga