Jokowi Pertimbangkan Beri Amnesty untuk Baiq Nuril

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Dok. Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait nasib Baiq Nuril, seorang guru yang upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung atas kasusnya ditolak. 

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Baiq diketahui didakwa bersalah karena menyebarkan percakapan mesum kepala sekolah tempat dia bekerja dulu.

Jokowi mengatakan, ia tidak dalam posisi mengomentari putusan MA. Mengingat putusan itu adalah domain dari yudikatif. Namun jika ada upaya yang menjadi domain dia, maka akan dipertimbangkan. 

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling

"Saya akan bicarakan dulu dengan Menteri Hukum dan HAM, Jaksa Agung, Menko Polhukam, untuk menentukan apakah amnesty, apakah yang lainnya," ujar Jokowi di Manado, Sulawesi Utara, Jumat 5 Juli 2019.

Sejak awal kasus ini mencuat, Jokowi mengaku mengikuti kasus ini. Hingga bantuan pun diberikan. Dia meyakinkan, bahwa perhatian dia kepada Baiq Nuril, tidak berkurang. 

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

"Perhatian saya sejak awal kasus ini, tidak berkurang. Sekali lagi kita harus menghormati keputusan yang sudah ditetapkan mahkamah. Itu bukan pada wilayah eksekutif," jelasnya. 

Jika tidak ada upaya amnesty, kemungkinan mantan guru honorer di Lombok NTB itu akan dieksekusi. Jokowi berjanji, apa langkah yang diambil segera diputus.  "Secepatnya," katanya berjanji. [mus]

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024