Sulit Air Bersih, Warga di Garut Pakai Air Sungai Kotor

Warga gunakan air Sungai Cipacing karena musim kemarau, di Garut, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat (Garut)

VIVA – Akibat musim kemarau sebagian warga Kampung Panyingkiran, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terpaksa menggunakan air Sungai Cipacing. Kondisi air  Sungai Cipacing keruh seperti air comberan.

SubhanAllah, Viral Warga Sholat Istisqa : Langsung Dikabulkan Hujan

Ujang (48), warga setempat, mengatakan untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK), tidak ada pilihan lain kecuali menggunakan air Sungai Cipayung. Untuk kebutuhan air minum dan memasak warga terpaksa mencari dari sumber air yang berjarak sekitar 1 Km. Lokasi itu dapat dijangkau dengan cara berjalan kaki.

"Untuk mandi, cuci dan kakus di Sungai Cipacing, kalau untuk minum dan memasak dari sumber air yang jaraknya cukup jauh," ujarnya, Senin, 8 Juli 2019.

Bali Dilanda Cuaca Ekstrem, Wilayah yang Tak Diguyur Hujan Diprediksi Meluas

Walaupun kondisi air Sungai Cipacing kotor seperti air comberan, warga tiap tahun tetap menggunakan air di sungai tersebut. Karena ketersediaan air bersih di kampung Panyingkiran sangat terbatas.

"Di sini memang langganan kekeringan, tiap tahun kami pergunakan air Sungai Cipacing, walaupun kotor," ujar Ujang.

BMKG Prediksi Indonesia Diguyur Hujan November 2023, Bisa Berpotensi Banjir

Menurut Ujang, tak jarang warga membeli air bersih untuk minum dan memasak dengan air kemasan. Agar tak membeli, warga meminta Pemerintah Kabupaten Garut agar menyuplai air bersih. "Kami berharap ada bantuan air bersih, agar tak membeli," ujarnya. 
 

Dua tersangka pembobol minimarket digiring petugas kepolisian

Polres Garut Bongkar Sindikat Pembobol Minimarket Lintas Kabupaten, Dua Tersangka Diamankan

Dua pembobol minimarket yang meresahkan di Kabupaten Garut Jawa Barat berhasil dibekuk Tim Sancang dan Unit Jatanras, Sat Reskrim Polres Garut.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024