JIka Pulang, Polisi Akui Kasus yang Membelit Rizieq Bisa Proses Lagi

Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Kepulangan pentolan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab ke Tanah Air tengah jadi polemik. Kata polisi, jika Rizieq pulang, tak menutup kemungkinan beberapa kasus yang menjeratnya akan kembali berproses.

Omongan Adem Habib Rizieq ke Ibu-ibu soal Capres: Gak Boleh Maksa dan Kafirkan Orang

"Tidak menutup kemungkinan. Itu penyidik nanti yang akan menindaklanjuti," ujar Karopenmas DivHumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 10 Juli 2019.

Polisi sempat ditanya sebenarnya masih ada berapa kasus hukum HRS yang hingga kini belum disetop atau di SP3. Namun, Dedi tidak merinci kasus-kasunya apa saja. 

Istri Habib Rizieq Shihab Meninggal Dunia, Ini Profil Syarifah Fadhlun Yahya

"Kan nanti akan didalami oleh tim penyidik, teknis itu," ujarnya. 

Namun, Dedi menlanjutkan, terkait kepulangan Rizieq ke Indonesia sebenarnya tidak ada sangkut paut dengan Korps Bhayangkara. Akan jadi berhubungan dengan polisi apabila memang ada kasus yang masih membelit Rizieq 

Anies-Cak Imin Bertemu Rizieq Shihab, Hotman Paris Diadukan ke Polisi oleh Remaja Perempuan

"Itu kan secara undividu, secara personal masing-masing. Tidak ada kaitannya dengan kepolisian. Kecuali nanti misalnya yang bersangkutan proses hukumnya belum selesai kan nanti ada mekanismenya juga," kata dia lagi. 

Polemik kepulangan Rizieq berawal ketika mantan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, menilai bila narasi rekonsiliasi mau digunakan, maka paling tepat memberikan kesempatan pada Rizieq Shihab kembali ke Indonesia. Lalu menyetop upaya kriminalisasi dan saling memaafkan.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yg paling tepat beri kesempatan kpd HABIB RIZIQ kembali ke Indonesia, stop upaya kriminalisasi,semuanya saling memaafkan," kata Dahnil melalui akun twitternya @Dahnilanzar, Jumat 5 Juli 2019. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya