Kenang Ani Yudhoyono, Sandiaga: Sosok Inspirasi Bangsa

Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Mantan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno turut hadir dalam tahlilan 40 hari meninggalnya Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di pendopo Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 Juli 2019 malam.

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Sandiaga pun berbicara mengenai sosok Ani Yudhoyono. Menurut Sandiaga, Ani adalah sosok yang menginspirasi seluruh bangsa Indonesia. "(Ani Yudhoyono) Sosok inspirasi bukan hanya bagi perempuan Indonesia, tapi seluruh bangsa," katanya.

Sandi, sapaan akrab Sandiaga, mengaku mengenang sosok Ani sebagai seseorang yang sangat detail. Menurut Sandi, saat menjabat Ketua Umum Hipmi, dirinya aktif berkomunikasi dengan Ani. Menurutnya, Ani memang memiliki perhatian khusus terhadap gerakan kepemudaan. 

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

Sandi mengatakan, dia dan masyarakat Indonesia sangat kehilangan. Karena itu, dia sengaja meluangkan waktu menghadiri acara tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono, sekaligus memberi semangat kepada SBY.

"Tentunya kami sangat kehilangan, dan ingin memberi semangat juga ke Pak SBY, sahabat saya Mas AHY dan Mas Ibas, untuk insya Allah sama-sama mendoakan dan berharap bahwa inspirasi yang Bu Ani telah sumbangsihkan kepada bangsa ini bisa terus menjadi pegangan menjadi satu acuan kita," ujarnya. 

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

Meskipun saat Ani meninggal, dia sedang tak berada di Indonesia, namun tetap berkomunikasi dengan AHY. Ia pun mengaku selalu mendoakan kesembuhan Ibu Ani saat menjalani pengobatan di Singapura.

Ditanya soal momen berkesan tentang Ani Yudhoyono, Sandi menyebut ada banyak kenangan yang tidak terlupakan. Dia mengatakan, Ani juga sosok yang dekat dengan keluarga dan selalu mengingat suatu peristiwa.

Dia menambahkan, sosok Ani harus diteladani lantaran memberi perhatian kepada seluruh orang dengan sepenuh hati.

"Beliau itu orang sibuk dan mengurus ratusan juta orang Indonesia, tapi bisa mengingat secara detail kejadian-kejadian karena beliau memang terus mencatat. Dan ini jadi pelajaran bagi kita bahwa memberi perhatian kepada masyarakat itu harus dengan sepenuh hati dan Ibu Ani sudah menjadi sosok yang menginspirasi kita semua," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya