Lima Komisioner KPU Palembang Divonis 6 Bulan Penjara
Jumat, 12 Juli 2019 | 20:11 WIB

Lima Komisioner KPU Palembang Divonis 6 Bulan Penjara

"Para terdakwa secara tidak cermat melakukan pelanggaran."
Lima komisioner KPU Sumsel divonis enam bulan penjara
Photo :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana

Lima komisioner KPU Sumsel divonis enam bulan penjara

VIVA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Palembang menjatuhi hukuman enam bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun. Selain itu, ada denda subsider Rp10 juta terhadap lima komisioner KPU Palembang.

Kelima komisioner KPU Palembang tersebut ialah Eftiyani (ketua), Syafarudin Adam, Abdul Malik Syafei, Yetty Oktarina dan Alex Barzili (komisioner). Vonis yang dijatuhi Majelis Hakim ini sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Dalam sidang yang berlangsung hari ini, Jumat 12 Juli 2019, Majelis Hakim, Erma Suharti, membacakan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Palembang sebagai penyelenggara pemilu.

Dalam vonis yang dibacakannya tersebut, dijelaskan jika para terdakwa terbukti bersalah dalam pelanggaran tindak pidana pemilu hingga mengakibatkan banyak masyarakat kehilangan hak pilih dalam pemilu serentak pada 17 April 2019.

"Dengan ini Majelis Hakim mengadili kelima terdakwa yang secara sah terbukti berbuat salah. Kelima terdakwa sengaja membuat orang lain kehilangan hak pilih dan menjatuhkan pidana dengan tuntutan enam bulan penjara dan satu tahun percobaan, serta dikenakan subsider Rp10 juta," kata Erma.