Kapal Tabrak Crane di Tanjung Emas, Lokasi Disterilkan

Kapal tabrak crane di Tanjung Perak.
Sumber :
  • Repro Video.

VIVA – Sebuah kapal menabrak crane di terminal peti kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu sore, 14 Juli 2019. Tidak ada korban jiwa dalam Insiden yang melibatkan kapal bernama MV. Soul of Luck tersebut.

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Kapal kontainer berbendera Panama dengan registrasi IMO 9148647 tersebut berlayar dari Pelabuhan Port Klang Malaysia pada tanggal 11 Juli 2019, dan tiba di Pelabuhan Semarang 14 Juli 2019 pukul 17.10 WIB.

"Korban jiwa tidak ada, hanya ada korban luka ringan 1 orang yaitu operator head truk yang langsung dibawa ke Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum," ujar Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid dikutip dari keterangan resminya.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Menurut Wahid, insiden tersebut melibatkan kapal tunda KT Jayanegara 304, KT Jayanegara 201 yang dioperasikan oleh PT PMS, anak usaha PT Pelindo 3 sebagai induk usaha jasa pelayanan kapal atau pandu tunda.

Wahid mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak atas insiden ini. Termasuk dengan PT. Pelindo 3 sebagai induk usaha perusahaan jasa pandu tersebut.

Sudah 75%, PT PP Pastikan Proyek Dermaga Berlian Selesai Tepat Waktu

“Saya mengimbau kepada seluruh penyedia layanan jasa transportasi laut untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan pelayaran, sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang berisiko,” tutur Wahid.

Wahid memastikan, pelayanan kepelabuhanan tetap berjalan seperti biasanya meski lokasi kejadian sudah disterilkan.

"Saat ini lokasi kejadian telah disterilkan, namun layanan kepelabuhanan terus berjalan seperti biasanya. Kami akan berkoordinasi dengan KNKT untuk menginvestigasi penyebab kejadian tersebut," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya