Mau Tolong Penumpang yang Bunuh Diri, Arham Hilang di Perairan Maluku

Ilustrasi - Tim SAR melakukan pencarian korban kecelakaan kapal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Penumpang KM Tidar dihebohkan dengan seorang penumpang yang nekat terjun ke laut dan akhirnya tewas. Kejadian inu terjadi di Perairan Pulau Tiga, Tanjung Alang, Ambon, Senin sore, 15 Juli 2019.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Penumpang tersebut diketahui bernama  La Hamuli (30), warga Kota Bau-bau, Kabupaten Nabarat, Sulawesi Tenggara. KM Tidar yang membawa ribuan penumpang itu sedang dalam pelayaran dari Pelabuhan Makassar, Bau-Bau, Namlea, menuju Pelabuhan Ambon.

Berdasarkan informasi, tak hanya La Hamuli yang jatuh ke laut. Namun, ada seorang pegawai navigasi Namlea, yang diketahui bernama Arham, juga ikut terjatuh ke laut.

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Arham yang berusaha menolong La Hamuli yang diduga hendak bunuh diri itu hingga kini dinyatakan hilang. Arham ikut terjatuh setelah sebelumnya sempat membujuk La Hamuli.

Saksi mata, Syahril mengatakan kejadian nekat La Hamuli membuat penumpang kapal histeris. Arham yang berupaya membujuk namun akhirnya ikut terjun ke laut.

Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

“Arham membujuk La Hamuli kemudian dia mendekati Arham dan memegang tangan penumpang lainnya. Tapi, karena tubuh korban lebih besar dan pegangan tangan bapak Arham pada besi kapal kurang kuat akhirnya kedua orang tersebut jatuh bersama-sama ke laut,” kata Syahril.

Akibat insiden ini, KM Tidar harus berputar arah untuk mencari La Hamuli dan Arham. Proses pencarian kedua korban memakan waktu selama kurang lebih 3 jam lamanya.

Jenazah La Hamuli sudah ditemukan dan dievakuasi. Rencananya, jenazah La Hamuli akan dibawa keluarga ke kampung halaman di Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Yanes Safsafubun, Perwira Keberangkatan Kapal KSOP Kelas I Ambon mengatakan, saat ini Arham masih terus dicari.

"Saya dapat info, Basarnas sementara kerahkan kapal untuk mencari. Saya tadi juga sudah berangkatkan kapal feri di Galala. Saya sampaikan ke nakhodanya tolong dicari seputaran Wakasihu Pulau Tiga," ujarnya.

Laporan Christ Belseran-tvOne dari Ambon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya