Menko Darmin Dianggap Telalu Jauh Atur Harga Tiket Pesawat

Penurunan Harga Tiket Pesawat LCC
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Anggota Ombudsman Bidang Perhubungan dan Infrastuktur, Alvin Lie, menilai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution terlalu mencampuri urusan aturan tiket pesawat. Menurut Alvin, sebagai Menko, Darmin seharusnya hanya membangun koridor aturan yang mengatur penjualan tiket pesawat tarif batas atas dan bawah saja. 

Calo Tiket Pesawat Nyambi Jual PCR Palsu Dicokok

"Menko ini sudah bertindak terlalu jauh melampaui kewenangannya dan juga mengatur ranah korporasi. Tapi Menko malah mengatur sampai harinya, jam penerbangan dan rutenya diatur, ini terlalu jauh," ucap Alvin di kantor Ombudsman di Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 17 Juli 2019.

Alvin juga menilai Darmin hanya mengatur ketentuan harga tiket pesawat untuk pesawat besar saja. 

Hotman Paris Keluhkan Mahalnya Tiket ke Bali

Padahal, seharusnya, Darmin juga mengatur tarif batas atas dan bawah untuk pesawat jenis perintis dan baling-baling.

"Kenapa Menko hanya perhatian kepada rute-rute yang dilayani pesawat jet. Bagaimana rute yang dilayani dengan pesawat baling-baling?” 

Habib Rizieq Pulang, Tiket yang Gagal Terbang di Soetta Bisa Di-refund

“Padahal pesawat ini yang melayani kota-kota kecil. Dan biaya angkut per kursi, per kilometer jauh lebih mahal daripada jet," lanjut Alvin. (ren)

Maskapai penerbangan Lion Air.

Intip Syarat Dapat Tarif PCR Rp195 Ribu dari Lion Air

Layanan tarif PCR Rp195 ribu hanya berlaku bagi penumpang Lion Air keberangkatan dari Bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma.

img_title
VIVA.co.id
29 Oktober 2021