Harga Semen China Mulai Ganggu Industri Semen Lokal

Pabrik Semen milik PT Semen Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Kondisi pasar semen domestik mengalami kelebihan pasokan karena gencarnya pasokan semen asal Tiongkok. Selain itu, harga yang beredar juga jauh di bawah pasaran harga semen Indonesia.

Dicopot dari Dirut Bulog saat Berdinas ke Aceh, Begini Respons Buwas

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sudah menyampaikan kondisi ini. Hal ini memang menjadi dilema bagi Indonesia yang juga ingin industrinya efisien. Menurut JK, pabrik semen dalam negeri sudah kalah bersaing.

"Pabrik semen kita mengalami saingan dengan pabrik semen China di Indonesia. Karena, kita bikin semen per sak katakanlah 40 ribu, pabrik China bisa bikin 30 ribu," kata JK.

Buwas Buka-bukaan Harusnya Lepas Jabatan Dirut Bulog April 2023

Anggota DPR RI 2019-2024, Andre Rosiade menyampaikan, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan karena akan merugikan produk semen Indonesia. Bila terus dibiarkan, industri semen lokal akan hancur. Saat ini kondisinya bahkan sudah sangat memprihatinkan.

"Ini terjadi karena ada kebijakan predatory pricing, dimana investor semen Tiongkok yakni semen Conch dengan sengaja menjual semen di Indonesia dengan harga merugi," kata Andre, Rabu 17 Juli 2019.

Semen Indonesia Group Ubah Limbah Pertanian Jadi Bahan Bakar

Secara nyata, industri semen lokal sudah terancam dengan semen asal Tiongkok. Harga semen lokal yang dimotori Semen Indonesia Grup BUMN dipastikan sudah tidak dapat bersaing lagi.  

Andre menambahkan, akibat kebijakan sepihak yang dilakukan semen Conch, berdampak langsung terhadap penjualan hingga produksi semen dalam negeri yang menurun. Dia mencontohkan harga semen asal Tiongkok jauh dengan semen lokal yang bisa dilihat di situs jual beli online.

"Pabrik Semen di Aceh, Semen Padang, Semen Baturaja, Semen Gresik, dan Semen Tonasa terpaksa menurunkan kapasitas produksinya, karena semen mereka tidak laku karena kalah bersaing. Juga karena kebijakan semen Conch yang terindikasi menggunakan predatory pricing itu. Di situs jual beli online harga semen lokal itu berkisar Rp51 ribu sedangkan semen asal Tiongkok berkisar Rp34 ribu," ujarnya.

Selain itu, lebih jauh Andre menduga ada agenda besar dari semen asal Tiongkok itu untuk mengambil alih pasar semen di Indonesia dengan langkah awal menjual murah harga semennya. Jika mereka berhasil menghancurkan pasar perusahaan semen dalam negeri, tidak menutup kemungkinan jika nantinya perusahaan-perusahaan semen dalam negeri akan diambil alih oleh perusahaan semen asal Tiongkok.

"Mereka terindikasi ingin menghancurkan semen lokal, setelah hancur mereka akan take over industri semen dalam negeri ini dan ini membahayakan industri strategis kita yaitu industri semen," katanya.

Agar bisa menyelamatkan produksi semen lokal, Andre meminta kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo memanggil beberapa menteri terkait dan segera melakukan langkah-langkah solutif. Hal tersebut bertujuan, agar BUMN di sektor semen bisa menjadi salah satu pondasi ekonomi bangsa.

"Untuk itu saya meminta pemerintah untuk segera melakukan langkah konkret untuk menyelamatkan semen kita. Apalagi asosiasi semen kita sudah berkirim surat kepada Menteri Perindustrian agar juga menghentikan dan moratorium pembangunan perusahaan semen baru dari investor luar apalagi produksi semen kita sudah over supply," katanya.

Selain itu, diharapkan agar Menteri Perdagangan untuk segera menghentikan segala bentuk impor klinker (bahan utama pembuatan semen). Presiden juga diminta untuk memanggil Menteri BUMN karena dianggap tidak ada pembelaan terhadap kondisi yang ada. Padahal semen lokal adalah milik perusahaan BUMN milik bangsa sendiri.

"Kita juga berharap Presiden Jokowi turun tangan melakukan konsolidasi memanggil tiga menteri ini untuk menyelamatkan semen Indonesia. Pelaku industri semen lokal sudah berteriak melalui Asosiasi Semen Indonesia maka silakan saja Pak Jokowi memanggil saja Asosisasi agar lebih valid dari mereka," kata Andre. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya