Tiga Komisioner KPK Dinilai Layak Lanjut di Kepemimpinan Jilid V

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode Muhammad Syarif
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Tiga komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kembali mencalonkan diri, yakni Laode M Syarif, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata, dipandang masih layak meneruskan kepemimpinannya di Jilid V. Sebab, ketiganya punya pengalaman dan telah menunjukkan kinerjanya.

Anggota DPR Supriansa Ikut Dorong Pengganti Firli Bahuri Mesti Lewat Pansel

"Karena kan sudah ada pengalaman ya, dia sudah teruji dalam lima tahun ini ya bisa saja diberi kesempatan lagi," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, Sabtu, 20 Juli 2019.

Kendati begitu, Ujang menyerahkan sepenuhnya proses seleksi kepada panitia seleksi calon pimpinan (Capim) jilid V yang dinakhodai Yenti Genarsih. "Cuma persoalannya tadi hasil tes yang akan laksanakan," kata Ujang.

Anggota Komisi III DPR: Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri Harus Melalui Pansel

Berbeda dengan tiga pimpinan KPK itu, Ujang tak mau mengomentari sosok lain yang memiliki peluang besar duduk di kursi pimpinan jilid V. Dia hanya berharap 192 calon yang terdaftar menjalani uji kompetensi betul-betul orang berintegritas dan tak terlibat konflik kepentingan.

"Jadi, hanya memiliki kepentingan pemberantasan korupsi saja, tidak yang lain," ujarnya.

Saut Situmorang hingga Novel Baswedan Desak Pemerintah Segera Bentuk Pansel Capim KPK

Ujang meminta Pansel KPK benar-benar bersikap profesional menyaring para calon. Kemudian, serius menelaah rekam jejak setiap calon. Terlebih dari unsur penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan.

"Kalau dia ada kasus sebelumnya atau hanya amankan kepentingan, ke depan ini yang berbahaya. Karena itu saya tidak bisa menilai siapa-siapa, semua tergantung pansel," katanya.
    

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem Taufik Basari

Nasdem Akui Belum Bersikap soal Pengganti Firli Bahuri: KPK dalam Posisi Terpuruk

Bagi elite Nasdem, usulan pengganti Firli Bahuri untuk posisi Ketua KPK lewat mekanisme pansel sebagai saran menarik.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2024