Logo BBC

Wacana Penutupan Taman Nasional Komodo: Apa Sebab dan Dampaknya?

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat, berencana membatasi jumlah wisatawan yang datang ke Taman Nasional Komodo (TNK) di Pulau Komodo untuk mencegah dampak pariwisata massal. Namun, kebijakan itu diyakini akan merugikan sektor pariwisata yang tengah berkembang pesat.

Matahari bersinar terik saat puluhan turis asing melangkah hati-hati meninggalkan sekoci mereka dan naik tangga kecil ke dermaga TNK Loh Liang, Pulau Komodo.

Mereka adalah wisatawan yang menyusuri Pulau Komodo dan daerah sekitarnya dengan kapal pesiar yang berkapasitas ratusan orang.


Wisatawan asing penumpang kapal pesiar berjalan menuju Taman Nasional Komodo. - BBC

Beberapa orang, yang telah lanjut usia, berjalan tergopoh-gopoh menuju ke pelataran TNK, tempat mereka akan berjumpa dengan binatang purba komodo.

Di pelataran taman, turis-turis yang terbagi dalam beberapa kelompok itu, berkumpul, siap menjelajahi hutan untuk bertemu dengan komodo bersama pemandu mereka.

Setelah berjalan kurang lebih 10 menit, mereka terperangah saat melihat lima komodo berjemur di bawah pepohonan.

Dengan sigap, mereka mengabadikan momen itu dengan ponsel.

Wisatawan asal Turki, Nermin Ataman, mengatakan apa yang dia saksikan melebihi ekspektasinya.


Menurut Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, TNK Loh Liang yang berada dalam pengawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, belum dikelola dengan baik. - BBC

"Komodo-komodo ini sangat cantik, walau juga menakutkan. Tapi di sini aman kan ya?" ujar Nermin.

Seorang wisatawan asal Bali, Kadek Budiarta, mengatakan hal serupa. Ia menyebut apa yang dilihatnya seperti dalam film Jurrasic Park.

"(Yang) namanya komodo itu satu-satunya di dunia (berada di sini)," ujarnya.