KPK Banyak Biarkan Kasus Terus Mengkel Padahal Sudah Matang

Rizal Ramli saat di Bandung
Sumber :
  • VIVA / Adi Suparman

VIVA – Politikus Rizal Ramli menilai, Komisi Pemberantasan Korupsi hingga kini masih tak berani mengusik kasus korupsi, jika menyangkut kepentingan penguasa. Dia mencontohkan, hal ini pernah menimpa mantan pimpinan KPK, Antashari Azhar.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Kalau kasus besar menyangkut penguas,a kalau berani dikerjain. Biasanya, jadi enggak berani. Contoh BLBI, Century. Kebanyakan enggak berani, seperti buah mateng dibiarin mengkel mulu," katanya di Indonesia Lawyers Club tvOne bertajuk ‘Seperti Apa Wajah KPK di Masa Depan', Selasa malam, 23 Juli 2019.

Menurut dia, terkait pemilihan calon pimpinan KPK Jilid V sebenarnya Pansel KPK bisa memanfaatkan anggota KPK yang sudah ada di dalam. Menurutnya, banyak orang yang berkualitas sebenarnya di sana. 

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"KPK sudah 15 tahun banyak yang bagus-bagus kok, yang enggak ada konflik kepentingan. Kenapa, enggak yang itu pansel fokus," ujar dia. 

Terkait banyaknya calon pimpinan KPK Jilid V dari unsur Polri, Rizal menyebut tidak semua jenderal polisi tidak benar. Namun, menurut dia, Polri memang perlu membenahi sistem penerimaan anggota mereka. 

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menambahkan, calon pimpinan KPK Jilid V dari unsur Polri sudah lewat proses internal di Korps Bhayangkara. Jadi, mereka bukan tidak dipilih dan bisa langsung mendaftar. 

"Sudah lewat proses assesment internal kompetensi dan rekam jejak. Kemudian, (mereka) daftar individu ikut secara ketat persyaratan," ujar Dedi menambahkan. (asp)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024