Logo timesindonesia

Ecoprint, Batik Madura Ramah Lingkungan

Habibi, menunjukkan Ecoprint hasil produksinya di Dusun Badung Tengah, Desa Badung Pamekasan. (FOTO: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Habibi, menunjukkan Ecoprint hasil produksinya di Dusun Badung Tengah, Desa Badung Pamekasan. (FOTO: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Batik Ecoprint merupakan batik Madura yang membawa visi ramah lingkungan. Ini karena, batik ecoprint menggunakan bahan pewarna dari alam.

Habibi, pengrajin batik Ecoprint di Dusun Badung Tengah, Desa Badung, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyampaikan bahwa pewarna batik tersebut memanfaatkan benda-benda seperti daun jati, daun Pepaya serta daun yang ada di sekitar rumahnya.

"Semua daun bisa dibuat warna batik Ecoprint tapi yang paling bagus daun jati,"ungkap pria yang murah senyum itu, Sabtu (27/7/2019).

Pria kelahiran Desa Badung ini , menceritakan bahwa dirinya menjadi pengrajin batik Ecoprint kurang lebih satu bulanan. Dirinya membuat batik dalam kondisi keterbatasan ekonomi.

"Alhamdulillah kain batik Ecoprint yang sudah laku terjual sekitar 7. Pembelinya ada yang dari Malaysia ada juga yang dari luar Madura,"sambungnya.

Untuk harga, Habibi mematok mulai dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. "Rencana kalau punya uang nanti mau membeli kain yang agak mahal lagi agar jualnya juga lebih mahal," ucapnya. 

Habibi menyampaikan, ia sengaja menggunakan dedaunan yang ada di sekitar rumahnya karena memang ingin membuat batik ramah lingkungan, dengan seminimal mungkin menghindari bahan kimia untuk pewarnanya.