Istana Pastikan Tak Semua Paskibraka Putri Pakai Celana Panjang

Upacara Pengukuhan Paskibraka Nasional 2016
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka 2019, akan tampil berbeda di Istana Kepresidenan nanti. Terutama, pada pasukan yang mengenakan hijab.

Transgender Muslim Ini Tuntut Pendeta Karena Ia Dilarang Menggunakan Hijab di Penjara

Pada upacara 17 Agustus sebelum-sebelumnya, mereka yang berjilbab tetap menggunakan rok yang sedikit panjang, disambung dengan kaos kaki panjang. Namun, pada upacara detik-detik kemerdekaan 17 Agustus 2019, mereka yang berjilbab akan mengenakan celana panjang.

"Kalau yang berjiblab, ya celana panjang menyesuaikan," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, saat dihubungi, Senin 29 Juli 2019.

Bunda Corla Beri Tanggapan Menohok untuk Kartika Putri Soal Ingin Capres Ngaji

Berdasarkan aturan yang ada, jelas Heru, mengenakan celana itu dapat dilakukan. Terutama, yang berjilbab, maka menggunakan celana bisa dilakukan oleh pasukan.

"Iya betul dalam aturannya kan dapat, maka bisa menyesuaikan semuanya hijab pakai celana," jelas mantan Wali Kota Jakarta Utara itu.

Buntut Singgung Jilbab, FPKB Laporkan Arya Wedakarna ke Polda Bali

Bagi yang tidak berjilbab, sebenarnya tidak perlu menggunakan celana panjang juga. Namun, jika memang demi semua pasukan seragam, menurutnya, tidak ada masalah kalau menggunakan celana.

"Yang tidak hijab bisa pakai rok, tetapi untuk keseragaman dan keindahan maka bisa celana, dan lebih rapih," jelasnya.

Adapun aturan penggunaan seragam Paskibraka sebenarnya sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga nomor 65 tahun 2015. Di mana  Pakaian Dinas Upacara (PDU) Paskibraka putri mengenakan rok dan kaus kaki panjang.

Namun, seiring adanya anggota Paskibraka berhijab maka aturan penggunaan PDU disesuaikan mengikuti Peraturan Presiden Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi. Pasal 4 Perpres ini mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi perempuan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya