Puluhan Pendaki yang Terjebak Kebakaran Gunung Arjuna Dievakuasi

Ilustrasi kebakaran hutan di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Gunung Arjuna di Jawa Timur terbakar sejak Minggu pagi, 28 Juli 2019. Kebakaran itu terlihat pada bagian puncak gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut tersebut.

Petugas Damkar Kota Batu Bantu Lepaskan Cincin yang Menjepit Alat Vital Seorang Pria

Saat kebakaran, ada 90 orang yang mendaki di Gunung Arjuna. Tim evakuasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu pun langsung menuju lokasi untuk memadamkan kebakaran sekaligus mengevakuasi para pendaki.

Dua tim dikerahkan. Tim pertama berjumlah sembilan orang berangkat melalui jalur Pura Giri Arjuno. Tim kedua berjumlah lima belas orang petugas Tahura R Soeryo berangkat melalui Jalur Brak Seng.

Polisi Sebut Penganiayaan Maut Remaja di Malang karena Tersinggung dan Pengaruh Miras

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, titik api berada di blok Kebut, menjalar ke arah barat, namun sebagian sudah dikendalikan. Sebagian lagi terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam. Kondisi angin bertiup cukup kencang juga menjadi penghambat tim di lokasi.

Sejak Senin pagi, Gunung Arjuna sudah disterilkan dari para pendaki. Sebab, para pendaki dievakuasi secara bergelombang. Sebagian berhasil dievakuasi oleh petugas, sebagian lagi turun dengan rombongan pendakian masing-masing.

Tragis Pejalan Kaki Tewas Usai Tertabrak Mobil di Kota Batu

"Dari informasi yang kami terima sampai dengan hari Senin, pukul 09.45 WIB. Dari total 90 orang pendaki: 47 orang yang terdata berhasil dievakuasi turun dini hari tadi, dan 6 orang lain turun lewat jalur Purwosari, serta 12 orang pendaki baru berhasil dievakuasi. Kelompok pendaki lain sejumlah 25 orang sudah turun, namun tidak terdata karena sudah turun pada hari Minggu pagi hari," kata Rochim dalam konferensi pers di kantornya, Senin, 29 Juli 2019.

Sejauh ini, katanya, belum ada laporan pendaki yang terluka akibat peristiwa kebakaran itu. Namun, BPBD memastikan semua pendaki berhasil turun dari Gunung Arjuna.

"Dengan demikian untuk pendaki yang terdata naik dari pos pendakian sudah turun semua dari Gunung Arjuna. Dan sudah dilakukan pendataan kembali untuk konfirmasi bahwa mereka sudah turun di pos pendakian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya