Jokowi akan Umumkan Calon Ibu Kota Baru Agustus Nanti

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana saat Kunjungan Kerja di Kawasan Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Presiden Joko Widodo akan mengumumkan rencana pemindahan ibu kota Indonesia, dari Jakarta ke suatu tempat di Pulau Kalimantan pada bulan Agustus 2019. Jokowi juga mengungkapkan hingga saat ini pengkajian terus dilakukan terkait pemindahan ibu kota.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Dari dulu sudah saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Tapi Kalimantan mana, itu yang belum. Nanti kita sampaikan Agustus," ucap Jokowi kepada wartawan kunjungan kerja di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa 30 Juli 2019.

Jokowi menjelaskan pengkajian dilakukan untuk melihat dampak segi kebencanaan, ekonomi, keamanan, hingga sosial politik. Semua itu, menjadi syarat utama sebuah daerah untuk layak menjadi Ibu Kota.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Kajiannya belum rampung. Kalau sudah rampung kajian mengenai kebencanaan, air, ekonomi, demografinya, masalah sosial politik, dan keamanannya. Kita tidak ingin tergesa-gesa. Tapi ingin secepatnya diputuskan," kata mantan wali kota Solo itu. 

Sebelumnya, pemerintah menyebut ada empat wilayah yang direncanakan sebagai ibu kota baru di Kalimantan Tengah seperti Palangkaraya, Gunung Mas, Pulau Pisang, dan Katingan. Kemudian di Kalimantan Timur seperti di Bukit Soeharto. 

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Namun pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan setidaknya akan memakan anggaran yang besar, diperkirakan mencapai Rp466 triliun yang bersumber dari APBN, BUMN, dan pihak swasta. (ren)

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024