Rayakan HUT ke-74 RI, Jokowi Membatik di Stasiun MRT Bundaran HI - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 1 Agustus 2019 | 10:54 WIB

Rayakan HUT ke-74 RI, Jokowi Membatik di Stasiun MRT Bundaran HI

Jokowi membatik motif Garuda Nusantara atau Gurdo.
Presiden Jokowi membatik di MRT Bundaran HI.
Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

Presiden Jokowi membatik di MRT Bundaran HI.

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana asyik membatik dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74. Acara bertajuk 'Batik Kemerdekaan' itu, digelar di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Kamis 1 Agustus 2019.

Tiba di lokasi, Jokowi dan Iriana langsung menuju stand membatik yang disediakan. Dengan serius, nampak Kepala Negara asyik menggoreskan canting batik ke kain. "Motif Garuda Nusantara, Gurdo," kata Jokowi, usai membatik.

Agenda ini, jelas dia, adalah salah satu dari rangkaian Bulan Kemerdekaan yang dimulai 1 Agustus ini. Aktivitas membatik di Stasiun MRT Bundaran HI ini, adalah sepanjang 74 meter dengan 74 orang pembatik. Angka itu sebagai simbol HUT RI.

Dengan selalu mempertahankan budaya membatik ini, Jokowi ingin agar warisan leluhur bangsa Indonesia tersebut menjadi pusaka dunia. Sebagai sumbangsih bangsa terhadap kebudayaan dunia.

"Kita berharap warisan pusaka batik ini yang sudah tercatat di UNESCO bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional, dan kita harapkan juga generasi pembatik-pembatik, dari angkatan dewasa ke angkatan remaja, anak-anak, semua teregenerasi dengan baik," jelas Jokowi.

Dengan waktu yang hanya lima menit, diakuinya tidak bisa menghasilkan motif batik yang bagus. Karena seorang yang membatik, harus bisa tenang dan sabar, tanpa gangguan atau hiruk pikuk di sekitarnya.

"Membatik itu harus sabar, pikirannya dingin. Pelan-pelan, dihayati, dinikmati. Bukan dilihat orang banyak kayak gitu," ujar Presiden.

Turut mendampingi adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mensesneg Pratikno, staf khusus Presiden Sukardi Rinakit. (ren)

Saksikan Juga

Jubir PA 212, Tokoh Islam Berpengaruh dan OTT Lampung Utara

BERITA - 8 hari lalu
loading...
Muat Lainnya...