BNPB: 200 Rumah Rusak Akibat Gempa Banten

Kepala BNPB Doni Monardo berbincang dengan warga di lokasi gempa Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yandi Deslatama (Banten)

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, setidaknya ada 200 bangunan rusak akibat gempa bumi Selat Sunda, berkekuatan 6,9 skala richter (SR).

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Bahkan tercatat ada dua orang meninggal dunia karena kelelahan dan sakit jantung saat menyelamatkan diri.

"Kerusakan yang ditimbulkan diakibatkan gempa kita monitor dari jam ke jam mengalami peningkatan. Hari ini data kerusakan sudah mendekati 200 unit bangunan. Tadi malam Bapak Presiden sudah menugaskan BNPB untuk memantau kondisi terakhir," kata Kepala BNPB Doni Monardo, usai meninjau rumah rusak akibat gempa bumi di Kampung Karoyak, Desa Panjang Jaya, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Banten

Doni yang berbincang dengan warga mengungkapkan seluruh masyarakat di Desa Panjang Jaya tidak pernah mendapatkan pelatihan tanggap darurat bencana ataupun pelatihan menghadapi kegempaan.

"BNPB ke depan harus menyusun konsep simulasi (kebencanaan) yang melibatkan keluarga. Jadi tidak cukup di tingkat pejabat, tapi semua keluarga mengikuti latihan. Karena terdampak langsung adalah keluarga," katanya.

Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Meski begitu, pihaknya mengapresiasi kesiapsiagaan masyarakat yang lari keluar rumah. Kemudian mencari tanah lapang dan ketinggian untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi berpotensi tsunami sehingga meminimalisir korban jiwa.

Berdasarkan laporan dan pengamatan yang diterima Doni, rumah warga yang rusak lantaran struktur bangunannya tidak memenuhi standar dan tidak memiliki tulang atau coran sebagai penguat.

"Kita lihat sebagian besar sudah memahami kalau ada gempa segera mencari tempat yang tinggi walaupun tidak semua lokasi di Banten terdampak," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya