Cara Masjid Istiqlal Pastikan Distribusi Daging Kurban Tepat Sasaran

Antre Daging Kurban di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVA – Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta akan membagikan daging hewan kurban ini kepada siapa saja orang yang berhak menerima daging tersebut. Sejumlah cara pun dilakukan untuk memastikan penerima benar-benar yang berhak. 

Bakrie Amanah Gelar Qurban Untuk Negeri, Berakhir di Kabupaten Garut

"Istiqlal memberikan kepada yang paling tepat sasaran. Di sini kan sudah mengatur siapa yang paling berhak," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar di lokasi, Minggu, 11 Agustus 2019. 

Ia menegaskan, bahwa Masjid Istiqlal mempunyai kebijakan dalam pendistribusian daging hewan kurban ke masyarakat. Bahkan, pembagiannya pun bekerja sama dengan lembaga khusus. 

Jemaah Jami Al-Marzuqiyah Salat Id Senin, Hilal Belum 7 Derajat

"Kebijakan kita menyerahkan ke lembaga distribusi, bukan kita yang mendistribusikan kupon. Istiqlal kebijakan seperti itu," katanya.

Dalam catatan pihak Masjid Istiqlal Jakarta, ada 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah. Termasuk, sapi yang dititipkan oleh kepala negara.

Distribusikan Hewan Qurban, Kelompok Bakrie Sasar Wilayah Rawan Gizi

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, mengatakan, sapi milik Jokowi dan JK adalah berjenis limosin. Sapi milik Jokowi berbobot 1,7 ton dan sapi milik JK berbobot 1,2 ton dengan umur sapi keduanya sama yaitu 3,5 tahun.

"(Sapi Jokowi) beratnya sekitar 1,7 ton. Ini sapinya jenis limosin. Umurnya sekitar 3,5 tahun. Sapi milik Pak JK beratnya 1,2 ton umurnya sama 3,5 tahun," kata Abu Hurairah kepada VIVAnews. 

Selain Jokowi dan JK, Abu Hurairah mengatakan bahwa sejumlah pejabat negara lainnya juga menyumbangkan hewan kurban untuk disembelih di Masjid Istiqlal. Seperti Mensesneg Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian hingga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya