Tradisi Ma'ruf Amin Lebaran Haji di Kampungnya

KH Maruf Amin.
Sumber :
  • VIVA/Eduward

VIVA – Wakil Presiden terpilih KH.Ma'ruf Amin, mudik ke Pondok Pesantren (Ponpes) Syekh Nawawi Al Bantani, di Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Pendamping Jokowi untuk memimpin Indonesia periode 2019-2024 itu melihat langsung proses pemotongan 11 hewan kurban di pesantrennya.

Wapres: Air Bersih Penentu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

"Tadi acara seremonial pemotongan hewan kurban. (Hewan kurban didapat) dari mana-mana, ada yang dari individu, dari instansi, ada juga dari perusahaan," kata anak ke-6 Kyai Ma'ruf, Ustadz Ahmad Muhayat, saat ditemui di Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu 11 Agustus 2019.

Hewan kurban dipotong di lapangan ponpes oleh para pengurus pondok, santri dan masyarakat sekitar. Dagingnya nanti dibagikan ke para santri dan warga di sekitar pesantren.

Wapres: Stunting Rugikan Negara Hingga Rp450 Triliun

"Daging (dibagikan) untuk santri dan masyarakat. Setiap Idul Adha selalu ada hewan kurban dan pembagian," kata dia.

Malam nanti, Kiai Ma'ruf akan bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Tanara. Wapres terpilih itupun akan memberikan tausiyah atau ceramah agamanya. Sebelum mengisi ceramah, Kiai Ma'ruf akan bacakan atau makan bersama dengan para santrinya.

Mario Suryo Aji Minta Restu Wapres Jelang Tampil di Moto3 2022

"Insya Allah dilanjutkan dengan makan malam bersama santri.  Nanti malam ada acara barjanji, terus ada tausiyah ceramah dari abah yai, " kata dia.

Mudiknya Kiai Ma'ruf ke kampung halaman leluhurnya dikawal oleh 200 personel gabungan dari TNI-Polri dan Paspampres. Saat memasuki pintu gerbang Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani, metal detektor terpasang. Memeriksa setiap pengunjung yang masuk ke dalam pesantren.

"Untuk aparat (TNI-Polri) dari wilayah, pengamanan hanya sampai di ring 3, sementara untuk ring 2 dan ring 1, untuk safety dilakukan oleh Paspampres dan pasukan Brimob," kata Kabag Ops Polres Serang, Kompol Kosasih, di lokasi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya