Menhub Akui Presiden Jokowi Sebut Ojol Pahlawan Transportasi

Ilustrasi Aksi Damai Ribuan Driver Ojek Online.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku Presiden Joko Widodo sempat berpesan padanya kalau pengemudi transportasi berbasis online adalah pahlawan transportasi. 

3 Ojek Online asal Rusia, Ada yang Beroperasi di Indonesia

"Semua itu jadi gampang karena kalian itu," kata Budi Karya Sumadi di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu 11 Agustus 2019.

Pasalnya, lanjut BKS, sejak ada pengemudi online termasuk ojek atau ojol, siapa pun tidak kesulitan lagi mau berpindah dari satu tempat ke lainnya. Belum lagi pengemudi online bisa juga membantu membelikan makanan. 

Gak Nyangka Ojol Kirim Pesan yang Bikin Kaget Penumpangnya

"Bayangin dari Bintaro mau ke Blok M itu dianterin. Mau makan apa itu dianterin," ucapnya.

Untuk itu, Menhub mengaku telah memerintahkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat merawat profesi pengemudi online. Pekerja ini dilihat sebagai salah satu mata pencaharian ini yang memberikan ruang yang besar bagi pengemudi bagi konsumen dan juga bagi aplikator.

Ratusan Pengemudi Ojek Online Kepung Hotel di Makassar Gegara Ini

Semuanya ini menggerakkan ekonomi, memberikan penghidupan yang penting sekali dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Oleh karenanya, dia mengingatkan para pengemudi online juga harus kompak dengan operator dan konsumen karena bagaikan segitiga yang terkait satu sama lain.

"Makanya saya bilang pak Dirjen kita harus rawat profesi teman-teman kita ini baik-baik," kata dia lagi.
 

Pengemudi ojek online menggeruduk AEON Mall Tangerang, Rabu, 2 Maret 2022.

Tak Diberi Tempat Parkir, Ratusan Ojol Geruduk AEON Mall Tangerang

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes lantaran pengelola mal atau pusat perbelanjaan itu menutup lokasi parkir yang sebelumnya diperuntukan bagi pengemudi ojol.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022