Salma, Si Paskibraka Ayu Pembawa Baki Bendera di Istana Negara

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Prosesi pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih merupakan momen bersejarah dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus setiap tahunnya. Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka alias Paskibraka.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Sebab seleksi bagi mereka yang bertugas sebagai Paskibraka juga cukup panjang dan ketat. Tak hanya soal fisik, mereka juga harus memiliki kemampuan akademik yang mumpuni. Tapi yang jelas, mereka adalah putra-putri terbaik bangsa yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Lantas siapakah yang mendapat kehormatan untuk membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih? Dalam siaran langsung tvOne, Paskibraka yang bertugas sebagai pembawa baki bendera Sang Sangka Merah Putih pada detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ialah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Keterangan pers resmi dari Istan Merdeka menyebut bahwa  Salma merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa tengah. Cewek kelahiran Malang, 16 Desember 2002 ini bersekolah di SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: 7 Fakta Penting Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Wamenaker Afriansyah Noor Bertemu Prabowo saat Hadiri Open House di Istana Negara

Sementara tiga pengibar bendera lainnya, yakni Rafi Ahmad Falah selaku Komanda Kelompok 8. Dia mewakili Provinsi Banteng. Sedangkan pengerek bendera, yakni Rangga Wirabrata Mahardika, yang mewakili Provinsi Jawa Barat. Dia mengenyam pendidikan di SMA Presiden.

Tim pengibar bendera pusaka

Adapun perentang bendera ialah Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar dari SMA Al-Izhar. Dia mewakili Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, dua anggota Paskibra yang membawa bendera Merah Putih dan teks Proklamasi dari Monas ke Istana adalah Tarrisa Maharani Dewi dan Zanati Tahta Umahati. Mereka adalah Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2018.

Tim Paskibraka di Istana Negara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya