Logo timesindonesia

Ada Warok Reog Pada Upacara HUT RI di Tuban

Pengibaran bendera merah mutih dalam upacara kemerdekaan RI ke 74 di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)
Pengibaran bendera merah mutih dalam upacara kemerdekaan RI ke 74 di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019). (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Semangat kemerdekaan RI ke 74 sangat melekat bagi warga Kelurahan Karangsari dan Sidomulyo Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019).

Upacara yang diramaikan anak-anak dan warga usia lanjut pria dan perempuan mengenakan ragam busana adat nusantara itu dipimpin tokoh masyarakat yang sengaja mengunakan busana warok reog.

Pembina upacara, Suroso (60) tahun, yang juga ketua RW 04 Kelurahan Sidomulyo itu sebelum menyampaikan sambutan diawali dengan pembacaan teks Pancasila. Namun sang ajudan pembina upacara lupa mengambil materi teks Pancasila lantaran melamun yang membuat peserta upacara tertawa.

"Saya seolah olah tidak bisa bicara, melihat sedimikian rupa antusias warga yang begitu banyak mengikuti upacara kemerdekaan ini. Dengan semangat mari kita teriakkan kemerdekaan, merdekaaaa, merdekaaa, merdekaaa!!!" papar Suroso, di hadapan peserta upacara.

Warok yang sudah 17 tahun menjabat ketua RW itu menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh panitia yang telah suka rela meluangkan waktunya dalam menggagas upacara dua Kelurahan tersebut.

"Penuh pengorbanan dalam memeriahkan kemerdekaan RI, dengan semangat mengenang jasa pahlawan terdahulu," tutur bapak dua anak itu.

Upacara kemerdekaan RI diikuti dua Kelurahan Karangsari dan Sidomulyo itu sudah di gelar tiga tahun ini. Pasca upacara, warga kemudian menggelar pawai arak-arakan keliling kota dengan penuh semangat. Warga dua kelurahan yang didominasi sebagai nelayan itu pun melanjutkan dengan pesta makan bersama.