4 Cowok Ganteng Berprestasi yang Bikin Kontroversi

Enzo bersama Panglima TNI
Sumber :
  • Instagram @puspentni

VIVA – Masih lekat dalam ingatan, beberapa waktu lalu nama Enzo Zenz Allie mendadak jadi sorotan karena videonya ngobrol pakai bahasa Prancis dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto viral di jagat maya. Media mengulik dirinya sampai prestasinya yang luar biasa.

Sosok Wanita Cantik Keturunan Arab yang Jadi Penyemangat Enzo Allie

Namun tak lama, foto Enzo membawa bendera yang diduga milik Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) membuat taruna Akademi Militer (Akmil) itu jadi kontroversi. Sejumlah pihak pun meminta dilakukan tes ulang.

Tak cuma Enzo yang menuai kontroversi, ada sejumlah cowok lain dengan segudang prestasi yang baru-baru ini juga mengalami nasib sama. Siapa mereka, simak yuk ulasan singkatnya berikut ini:

Ini Janji Enzo Allie Kepada Jenderal Andika Perkasa

Enzo Zenz Allie

Enzo bersama Panglima TNI

Gagah, Begini Penampakan Enzo Allie Usai Dilantik Jadi Perwira TNI Angkatan Darat

Pekan kedua bulan Agustus, nama Enzo tiba-tiba meroket. Wajahnya yang rupawan dan kemampuan berbahasanya yang ciamik bikin cowok blesteran Prancis-Indonesia ini menuai pujian. Tak cuma bisa bahasa Prancis dan Indonesia, tapi Enzo juga jago bahasa Arab, Italia dan Inggris.

Cowok yang bisa pull up 19 kali, sit up 50 kali, dan push up 50 kali masing-masing dalam 60 detik, lari 7,5 putaran X 400 meter dalam 12 menit, renang 50 meter dalam 60 detik itu juga mengantongi gelar juara renang dan lari. Sayangnya, di tengah sejumlah prestasinya, dia dituding terpapar paham radikal gara-gara fotonya bawa bendera yang diduga punya HTI jadi viral.  

Cita-citanya menjadi anggota TNI pun sempat terancam padam, tapi cowok 18 tahun itu berhasil membuktikan dia Pancasilais dan cinta NKRI dengan lolos tes obyektif yang dilakukan TNI Angkatan Darat (AD). Bahkan, skornya mencapai 84 persen. Akhirnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menegaskan, Enzo enggak bakal didepak, dia tetap jadi taruna Akmil Angkatan Darat.

Rich Brian

Rich Brian dan Jokowi

Lahir dengan nama asli Brian Imanuel Soewarno, cowok 19 tahun ini adalah rapper dunia yang memulai kariernya pada usia 11 tahun lewat media sosial. Tak cuma nyanyi rap, cowok berdarah campuran Tionghoa-Manado itu juga produser rekaman dan penulis lagu yang berani hijrah sendiri ke Amerika pada usia 17 tahun demi merealisasikan mimpinya.  

Single debutnya Dat Stick yang rilis pada 2016 berhasil nongkrong di peringkat empat tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles. Setahun setelahnya, cowok yang ganti nama panggung dari Rich Chigga jadi Rich Brian itu membawa pulang penghargaan kategori Breakthrough Artist of the Year dari Indonesia Choice Awards dan album perdananya ‘Amen’ sempat menduduki posisi jawara The iTunes Hip Hop Charts. Membawa dirinya sebagai rapper Asia pertama yang memuncaki tangga album iTunes untuk musik hip hop.

Musisi berprestasi yang baru saja merilis album ‘The Sailor’ itu pun diundang Presiden Joko Widodo pada Juli lalu ke Istana Bogor. Jokowi memuji Rich Brian sebagai anak muda Indonesia yang membanggakan. Namun mantan wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal bilang, Rich Brian bukan panutan pemuda Indonesia meski berprestasi karena beberapa cuitannya di media sosial yang enggak sopan.

Jonatan Christie

Jonatan Christie

Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia berwajah tampan ini menjuarai gelar internasional pertamanya saat Indonesia International Challenge tahun 2013 di usia 15 tahun. Lalu pada turnamen Indonesia Open Super Series Premier 2016, cowok dengan sapaan Jojo ini bikin malu mantan pemain nomor satu dunia, Lin Dan.

Sementara saat Sea Games 2017, dia berhasil membawa pulang emas dengan mengalahkan Khosit Phetpradab. Lalu, pada Asian Games 2018, Jojo menaklukkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen di partai final. Sebagai bentuk selebrasi dan bahagia atas kemenangannya, pemain pendukung di film bulutangkis berjudul King ini membuka baju dan memamerkan tubuh atletisnya.

Itu bukan kali pertama dilakukannya. Saat di babak semifinal, Jojo juga melepas kausnya waktu menumbangkan wakil Jepang Kenta Nishimoto. Aksinya yang bikin seisi Istora histeris menjadi perbincangan media dan publik.

Tak cuma itu, dia juga sempat jadi sorotan ketika 'disenggol' video mirip dirinya yang sedang masturbasi. Di tengah kontroversi itu, Jojo justru bersinar. Dia tahun ini berhasil memenangi turnamen New Zealand Open 2019 dan Australia Open 2019. Rentetan prestasinya itu membuat Jojo kini berada di peringkat empat besar tunggal putra BWF.

Jefri Nichol

Jefri Nichol.

Jefri Nichol mengawali kariernya sebagai model, lalu berlanjut ke dunia seni peran pada 2013. Awalnya, cowok 20 tahun itu membintangi sejumlah sinetron dan FTV, kemudian merambah ke dunia film.

Sejak 2017 lalu, dia menjadi aktor layar lebar yang produktif. Tercatat, sudah lebih dari 10 judul film dibintangi, di antaranya Dear Nathan, Hit and Run, serta Habibie & Ainun 3. Bahkan di tahun pertamanya terjun ke dunia film, lewat Dear Nathan, dia diganjar penghargaan Aktor Pendatang Baru Terpilih. Jefri juga pernah didaulat jadi duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan dan Ruangguru serta masuk daftar 100 Asian Heartthrobs of 2018 alias Cowok Asia Pujaan Hati.

Namun aktor berbakat yang bakal memerankan legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical ini pada Juli lalu tersandung kasus narkoba. Dia positif mengonsumsi ganja. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan berdasarkan hasil assessment, Jefri Nichol akhirnya diputuskan rehabilitasi, tapi proses hukum tetap dijalani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya