Logo timesindonesia

Ribuan Warga Gresik Deklarasi Cinta Papua

Warga Gresik saat deklarasi cinta Papua (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Warga Gresik saat deklarasi cinta Papua (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Ribuan warga Gresik, Jawa Timur sepakat mencintai Papua dan menghargai antar sesama meski beda suku, adat, budaya dan agama.

Hal itu tertuang dalam deklarasi yang diprakarsai Polres Gresik. Kegiatan itu melibatkan berbagai unsur di Gresik mulai Pemkab, organisasi pemuda serta siswa-siswi. 

Ada 4 butir deklarasi yang dipandu oleh muda-mudi berpakaian khas daerah. Pertama, masyarakat Kabupaten Gresik sepakat untuk menjamin keamanan seluruh pelajar, pekerja dari daerah Papua. Kedua, mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketiga, menjaga dan mengawal bhinneka tunggal ika dalam bingkai NKRI. Keempat, memperkokoh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, bhinneka tunggal ika, NKRI, dan UUD 1945 menuju Indonesia maju.

"Mari kita junjung bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia. Kami seluruh masyarakat Indonesia darimanapun berasal, kami sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua," kata Wakil Bupati Gresik, Qosim usai deklarasi, Senin (26/8/2019).

Dikatakan Qosim, gejolak di Bumi Cendrawasih harus segera dihentikan. Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita Bangsa Indonesia.

"Semua satu dan punya hak yang sama tidak adalagi diskriminasi," ujarnya.